Kompas.com - 09/07/2021, 14:27 WIB
Ilustrasi menulis SHUTTERSTOCK/ Have a nice day PhotoIlustrasi menulis

KOMPASIANA---Kebiasaan untuk berpikir kritis itu berpengaruh pada saat kita merespons persoalan dengan berbagai sudut padang.

Hal ini tidak terjadi begitu saja, ada proses untuk terus melatihnya. Maka, akan sangat baik jika cara berpikir kritis ini sudah dibiasakan sejak dini, sejak masih sekolah.

Memang tidak mudah untuk mengajarkan dan membangun situasi belajar agar kita terangsang untuk berpikir kritis. Menulis bisa jadi cara yang bisa dilakukan untuk melatih itu.

Namun, jika itu bisa dilakukan di sekolah maupun lingkungan masyaratat, tentu sajakita dapat berpikir secara autentik. Serupa, tapi tak sama.

1. Menulis, Melatih Diri Berpikir Kritis

Untuk orang-orang yang sering menulis, tulis Firda Fatimah lewat Inspirasiana, pasti akan berpikir kritis membuat Anda memenangkan pertempuran dan itu bisa menjadi pertempuran untuk hal-hal baik.

Menulis adalah satu hal yang membutuhkan proses berpikir agar tulisan yang dihasilkan menjadi lebih berisi dan dapat memberikan informasi ataupun pengetahuan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berpikir kritis bukanlah suatu keahlian yang dibawa seseorang dari lahir, kemampuan tersebut dapat tumbuh ketika seseorang mau dan terus berlatih.

"Menulis juga melatih seseorang untuk mengambil pandangan dari berbagai sudut untuk melatih keterbukaan, sehingga kejelasan tulisan dapat dipertahankan," lanjutnya. (Baca selengkapnya)

2. Mengolah Rasa dan Pentingnya Menyesuaikan Tulisan dengan Tempatnya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.