Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Gencarkan Vaksinasi di Pelabuhan untuk Warga Sekitar

Kompas.com - 24/07/2021, 12:12 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut turut menggencarkan program vaksinasi Covid-19 yang masif.

Salah satunya dengan cara menggelar kegiatan vaksinasi massal di pelabuhan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub R Agus H Purnomo mengungkapkan, beberapa waktu lalu program vaksinasi massal telah dilaksanakan di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Pelabuhan Tual Maluku.

Baca juga: Sandiaga Uno Targetkan Vaksinasi 95 Persen Pelaku Sektor Parekraf

Belakangan, vaksinasi massal berlanjut di sejumlah Pelabuhan lain di wilayah Tanjung Redeb dan Panarukan.

"Vaksinasi ini ditujukan untuk karyawan serta masyarakat sekitar," kata Agus dalam keterangan resminya yang dikutip pada Sabtu (24/7/2021).

Agus berharap kegiatan vaksinasi dapat segera diikuti oleh UPT lain agar dapat membantu meningkatkan jumlah masyarakat yang sudah menerima vaksin.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb Hotman Siagian menyebutkan, kegiatan vaksinasi untuk masyarakat Berau merupakan hasil kerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Pemerintah Daerah, unsur TNI dan Polri serta stakeholder terkait lainnya.

"Kami melakukan sosialisasi bahwa vaksin ini bermanfaat untuk memberikan perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat Covid-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh. Vaksinasi Covid-19 juga bisa mencegah menyebarkan virus Covid-19 ke orang lain," kata Hotman.

Baca juga: Kemenparekraf Gelar Vaksinasi Tanpa Surat Domisili, Ini Jadwal dan Lokasinya

Pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan selama 2 hari, yakni Kamis (22/7/2021) di Pos TNI AL Berau - Lantamal XIII di Sambaliung, Berau, untuk tahap pertama dan Jumat (23/7/2021) di Balai Mufakat Tanjung Redeb.

Adapun jumlah peserta vaksinasi yang diajukan oleh Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb kepada Kepala Kantor KKP Tarakan adalah 663 orang dan saat ini sebanyak 250 orang telah disuntik vaksin.

Peserta vaksin terdiri dari karyawan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb, masyarakat maritim/pelabuhan Tanjung Redeb Kabupaten Berau.

Mereka terdiri dari pekerja dari PT Mitra Samudra Kreasi, PT Pelindo IV (Persero) Cab Tanjung Redeb, para agen pelayaran, perusahaan bongkar muat, pegawai DPC ALFI/ ILFA, DPC APBMI Tanjung Redeb, serta pengurus dan anggota TKBM Pelabuhan Tanjung Redeb dan TKBM Tanjung Batu.

"Mari kita satukan kekuatan untuk menghindari dan memberantas Covid 19, dengan izin Tuhan Yang Maha Esa, maka Covid 19 pasti bisa diatasi di Indonesia,” bebernya.

Baca juga: Simak Jadwal dan Syarat Vaksinasi Gratis di Stasiun MRT Jakarta

Sementara itu, bekerja sama dengan KKP Probolinggo wilayah kerja Panarukan, KSOP kelas IV Panarukan melaksanakan vaksinasi Covid-19 yang berlangsung di aula Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas IV Panarukan, Kabupaten Situbondo, Kamis (22/7/2021).

Kepala Kantor KSOP kelas IV Panarukan Andy Arman berharap pelayanan vaksinasi Covid-19 ini dapat mempermudah masyarakat. Sebab, cara pendaftaran vaksin yang dilaksanakan secara online melalui www.torevaksin.kkpprobolinggo.net.

“Sehingga masyarakat tinggal mengakses pendataran dan menentukan tanggal vaksin kemudian langsung datang ke aula KSOP Panarukan melakukan vaksin Covid-19,” ujarnya.
Peserta vaksin dibatasi 30 orang per harinya dengan target sasaran vaksin adalah 500 orang peserta. Saat ini, pendaftaran untuk vaksin di KSOP Panarukan masih dibuka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com