Jika PPKM Terus Diperpanjang, Apakah Vaksinasi Covid-19 Bakal Jadi Syarat Tes CPNS?

Kompas.com - 27/07/2021, 17:05 WIB
Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK 2021, CPNS SMA, formasi CPNS SMA, formasi lulusan SMA CPNS 2021. KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoJadwal Seleksi CPNS dan PPPK 2021, CPNS SMA, formasi CPNS SMA, formasi lulusan SMA CPNS 2021.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahap pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) telah ditutup pada hari Senin (26/7/2021).

Wacananya, usai pengumuman lolos seleksi administrasi dan pascasanggah pada 15 Agustus, akan berlanjut ke tahap pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD).

Awalnya SKD akan berlangsung pada 25 Agustus hingga 4 Oktober 2021.

 Baca juga: 470.504 Pelamar CPNS dan PPPK Dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat

Namun, karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 4, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CASN akan mempertimbangkan tata cara pelaksanaan SKD.

Termasuk pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terlebih, selama PPKM level 3 dan 4 ini masyarakat harus menunjukkan syarat vaksinasi, minimal telah menerima satu dosis serta mengantongi Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP).

Lantas, apakah panitia akan menjadikan vaksinasi Covid-19 sebagai syarat pelaksanaan tes CPNS?

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono mengatakan, BKN kemungkinan akan melakukan penyesuaian kebijakan pelaksanaan seleksi CASN dengan aturan yang berlaku.

Baca juga: Pelamar CPNS dan PPPK 2021 Tembus 4,5 Juta Orang

"Jika PPKM berlanjut, nanti pasti akan berimbas pada kebijakan pelaksanaan seleksi ASN. Hal-hal teknis seperti ini memang kemarin belum diatur, apalagi jika kondisi masih PPKM. Kemungkinan nanti akan diatur kemudian," ujar Paryono kepada Kompas.com, Selasa (27/7/2021).

Sementara itu, untuk jadwal lainnya seperti tes SKB hingga usul penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) atau Nomor Induk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) masih tetap sesuai rencana yakni dilaksanakan pada 19 Januari hingga 18 Februari 2022.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.