Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kehilangan Rp 195,75 Triliun, Jeff Bezos Masih Orang Terkaya di Dunia

Kompas.com - 31/07/2021, 06:20 WIB
Mutia Fauzia

Penulis


NEW YORK, KOMPAS.com - Kinerja Amazon, raksasa e-commerce asal Amerika Serikat, tak sesuai dengan ekspektasi investor pada kuartal II tahun ini.

Hal tersebut menyebabkan nilai kekayaan pendiri Amazon sekaligus orang terkaya di dunia, Jeff Bezos, merosot signifikan.

Dilansir dari Bloomberg, Sabtu (31/7/2021), nilai kekayaan Jeff Bezos merosot 13,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 195,75 triliun (kurs Rp 14.500).

Kekayaan Bezos tergerus akibat saham Amazon merosot 7,2 persen pada perdagangan Jumat (30/7/2021) pagi waktu setempat menjadi di kisaran 3.339 dollar AS per unit saham.

Baca juga: Jeff Bezos, Pergi ke Luar Angkasa Berkat Pegawai dan Pelanggan Amazon

Secara keseluruhan, kekayaan Jeff Bezos saat ini sekitar 193,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.807,2 triliun akibat koreksi harga saham tersebut. Meski kehilangan Rp 195,75 triliun dalam sehari, Bezos masih tercatat sebagai orang terkaya di dunia.

Berada di posisi kedua adalah CEO Tesla Elon Musk, yang kekayaannya sebesar 185,6 miliar dollar AS.

Sebagai informasi, pada kuartal II tahun ini, Amazon mencetak pendapatan sebesar 113,08 miliar dollar AS atau tumbuh 27 persen bila dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu.

Meski demikian, pertumbuhan pendapatan tersebut melambat bila dibandingkan tahun lalu yang tumbuh hingga 41 persen.

Nilai pendapatan tersebut lebih rendah dari perkirakaan analis di kisaran 115,2 miliar dollar AS.

Dilansir dari CNBC, untuk kuartal III mendatang, Amazon menargetkan penjualan di kisaran 1-6 miliar dollar AS hingga 112 miliar dollar AS, atau tumbuh 10 persen hingga 16 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca juga: 10 Orang Terkaya di Indonesia, Dari Mana Sumber Kekayaannya?

 

Jumlah tersebut juga lebih rendah dari konsensus yang memperkirakan penjualan di kisaran 119,2 miliar dollar AS.

Pekan ini adalah pekan yang cukup beragam begi para miliarder teknologi Negeri Paman Sam. Kinerja cemerlang induk perusahaan Google, Alphabet, telah membawa nilai kekayaan pendiri perusahaan tersebut, Sergey Brin dan Larry Page.

Di sisi lain, kinerja Microsoft dan Facebook yang juga bertumbuh tahun ini tak memberikan dampak signifikan terhadap nilai kekayaan pemegang saham miliarder mereka.

Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, harus kehilangan 5,4 miliar dollar AS pada Kamis (29/7/2021) karena investor mengkhawatirkan pertumbuhan bisnis iklan yang terancam di kuartal III mendatang.

Baca juga: Amazon Buka Lowongan Terkait Uang Kripto, Kerek Harga Bitcoin dkk

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com