Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Tetapkan Konsorsium Pengelola Pelabuhan Anggrek Gorontalo

Kompas.com - 30/07/2021, 20:30 WIB
Yohana Artha Uly,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menetapkan pemenang lelang perusahaan konsorsium yang akan mengembangkan dan mengelola Pelabuhan Anggrek di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut selaku Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama (PJPK) telah menetapkan Konsorsium Anggrek Gorontalo International Terminal pada 18 juni 2021.

Pemenang terdiri dari PT Gotrans Logistics International, PT Anugerah Jelajah Indonesia Logistic, PT Titian Labuan Anugrah, dan PT Hutama Karya (Persero).

Baca juga: Semester I 2021, Arus Barang di Pelabuhan Pelindo III Tumbuh 7 Persen

Kolaborasi antara pemerintah dengan badan usaha ini ditandai melalui penandatanganan perjanjian kerja sama pembangunan Pelabuhan Anggrek dengan pendanaan kreatif non APBN melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyaksikan langsung penandatanganan kerja sama yang dilakukan antara Dirjen Perhubungan Laut Agus H. Purnomo dengan Direktur Utama PT Anggrek Gorontalo International Terminal Hiramsyah S. Thaib di Kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat (30/7/2021).

“Meskipun di tengah pandemi, tetapi kita terus berkomitmen melanjutkan pembangunan. Saya bersyukur dan senang, karena pembangunan Pelabuhan Anggrek ini telah memasuki babak baru yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama pada hari ini,” ujar Budi Karya dalam acara penandatanganan yang ditayangkan secara virtual.

Ia menggatakan, Pelabuhan Anggrek kedepannya akan memiliki peranan penting untuk meningkatkan perekonomian Gorontalo.

Baca juga: Pengusaha Kapal Keluhkan Gangguan Sistem Bea Cukai di Pelabuhan Tanjung Priok

 

Budi Karya berharap, ketika nanti pelabuhan ini beroperasi dan berkembang maka aktivitas ekonomi di wilayah sekitar turut berkembang pesat.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Laut Agus menambahkan, Pelabuhan Anggrek merupakan pelabuhan pengumpul yang saat ini melayani kegiatan bongkar muat multipurpose dan diselenggarakan langsung oleh Kantor Unit Penyelenggara Kelas II Anggrek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com