Kemenhub Tetapkan Konsorsium Pengelola Pelabuhan Anggrek Gorontalo

Kompas.com - 30/07/2021, 20:30 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Pelabuhan Anggrek di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo pada Rabu (22/6/2021). Dok. Humas KemenhubMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Pelabuhan Anggrek di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo pada Rabu (22/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menetapkan pemenang lelang perusahaan konsorsium yang akan mengembangkan dan mengelola Pelabuhan Anggrek di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut selaku Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama (PJPK) telah menetapkan Konsorsium Anggrek Gorontalo International Terminal pada 18 juni 2021.

Pemenang terdiri dari PT Gotrans Logistics International, PT Anugerah Jelajah Indonesia Logistic, PT Titian Labuan Anugrah, dan PT Hutama Karya (Persero).

Baca juga: Semester I 2021, Arus Barang di Pelabuhan Pelindo III Tumbuh 7 Persen

Kolaborasi antara pemerintah dengan badan usaha ini ditandai melalui penandatanganan perjanjian kerja sama pembangunan Pelabuhan Anggrek dengan pendanaan kreatif non APBN melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyaksikan langsung penandatanganan kerja sama yang dilakukan antara Dirjen Perhubungan Laut Agus H. Purnomo dengan Direktur Utama PT Anggrek Gorontalo International Terminal Hiramsyah S. Thaib di Kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat (30/7/2021).

“Meskipun di tengah pandemi, tetapi kita terus berkomitmen melanjutkan pembangunan. Saya bersyukur dan senang, karena pembangunan Pelabuhan Anggrek ini telah memasuki babak baru yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama pada hari ini,” ujar Budi Karya dalam acara penandatanganan yang ditayangkan secara virtual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menggatakan, Pelabuhan Anggrek kedepannya akan memiliki peranan penting untuk meningkatkan perekonomian Gorontalo.

Baca juga: Pengusaha Kapal Keluhkan Gangguan Sistem Bea Cukai di Pelabuhan Tanjung Priok

 

Budi Karya berharap, ketika nanti pelabuhan ini beroperasi dan berkembang maka aktivitas ekonomi di wilayah sekitar turut berkembang pesat.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Laut Agus menambahkan, Pelabuhan Anggrek merupakan pelabuhan pengumpul yang saat ini melayani kegiatan bongkar muat multipurpose dan diselenggarakan langsung oleh Kantor Unit Penyelenggara Kelas II Anggrek.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.