KILAS

WFH Dirasa Penuh Tantangan oleh Sejumlah Karyawan, Ini Tanggapan Psikolog

Kompas.com - 30/07/2021, 20:26 WIB
Internal Network Staff Sinar Mas dan Sinar Mas Land Nova Nurli Indra (kanan atas), Marketing Public Relation Specialist PT Smartfren Telecom Maria Claudine (kiri atas), Team Assistant East Ventures (EV) Growth Dwita Anggiaria (kanan bawah), dan Marketing Manager PT Borneo Indobara, Nattasya Azimada (kiri bawah). DOK. Humas Sinar MasInternal Network Staff Sinar Mas dan Sinar Mas Land Nova Nurli Indra (kanan atas), Marketing Public Relation Specialist PT Smartfren Telecom Maria Claudine (kiri atas), Team Assistant East Ventures (EV) Growth Dwita Anggiaria (kanan bawah), dan Marketing Manager PT Borneo Indobara, Nattasya Azimada (kiri bawah).

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat di seluruh dunia untuk mengadopsi kebiasaan baru atau new normal dengan beraktivitas di rumah.

Demi menaati protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penularan Covid-19, aktivitas sehari-hari seperti bekerja, sekolah, ibadah, dan silaturahmi harus dilakukan secara virtual dari rumah masing-masing.

Meskipun sudah dua tahun lamanya beradaptasi dengan new normal, kenyataannya bekerja dari rumah atau work from home (WFH) masih menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian karyawan perusahaan.

Internal Network Staff Sinar Mas dan Sinar Mas Land Nova Nurli Indra mengatakan, selama WFH, ia harus melakukan video conference(vicon) setidaknya dua kali dalam sehari.

Baca juga: Bantu Pasien Covid-19, Sinar Mas Salurkan 1.200 Ton Oksigen Cair di Sumsel dan Jabar

Pada pagi hari, ia dan rekan kerjanya akan membahas tugas-tugas yang perlu dikerjakan. Kemudian pada sore hari, akan diadakan vicon lagi untuk update progres pekerjaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, kata Nova, pada hari Jumat, ia dan rekan kerjanya akan melakukan vicon yang panjang.

“Dari pagi jam 09.00 sampai jam 12.00 atau 13.00, kami video conference nonstop,” kata Nova dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (30/7/2021).

Nova mengaku tingkat konsentrasi saat bekerja di kantor lebih baik daripada ketika bekerja di rumah.

“Karena kantor memang tempat untuk bekerja. Sementara di rumah kan banyak distraction, seperti anak yang masih kecil kadang nggak mengerti ibunya sedang bekerja, malah ikutan nongkrong sambil main YouTube,” katanya.

Baca juga: Saling Bergandengan Tangan, Sinar Mas Ajak Berbagai Pihak untuk Mengatasi Pandemi di Dalam Negeri

Menurut Nova, saat bekerja di rumah, ia kerap merasa seakan-akan sedang diamati selama bekerja.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.