Kompas.com - 31/07/2021, 20:28 WIB
Ilustrasi matahari. sumber energi panas terbesar di bumi adalah, sumber energi panas terbesar adalah, sumber energi panas terbesar bagi makhluk hidup di bumi adalah. NASA/SDO (AIA)Ilustrasi matahari. sumber energi panas terbesar di bumi adalah, sumber energi panas terbesar adalah, sumber energi panas terbesar bagi makhluk hidup di bumi adalah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sumber energi panas terbesar di bumi adalah saat ini matahari. Tak hanya di bumi saja, di Galaksi Bimakasakti, matahari juga merupakan sumber energi panas terbesar.

Energi panas matahari sendiri sangat berperan penting untuk kehidupan makhluk hidup. Panas matahari berfungsi sebagai fotosintesis tumbuhan, hingga proses penguapan untuk siklus hujan.

Dikutip dari DNR, sumber energi panas terbesar bagi makhluk hidup di bumi adalah matahari. Manusia juga memanfaatkan panasnya untuk berbagai keperluan, seperti pembangkit listrik.

Selain itu, matahari dikenal sebagai salah satu sumber pembentukan vitamin D di dalam tubuh. vitamin D adalah sumber nutrisi yang baik bagi kulit manusia.

Baca juga: Pengertian Sumber Daya Alam, Jenis, dan Contohnya

Cahaya matahari pagi menghasilkan sinar ultraviolet (UV) yang diproses tubuh menjadi vitamin D. Vitamin ini mempunyai manfaat untuk daya tahan serta meningkatkan metabolisme kalsium di tubuh.

Selain dari matahari, sumber energi panas terbesar di bumi adalah panas bumi atau geothermal. Panas bumi adalah energi panas yang dikeluarkan dari inti bumi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Panas Bumi tersebut bisa keluar ke permukaan bumi dalam wujud sumber air panas, magma, kawah vulkanis, dan geyser.

Dalam pembangkit listrik, panas bumi digunakan sebagai penggerak generator untuk pembangkit listrik. Sumber energi panas bumi juga tidak akan pernah habis dan ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi.

Baca juga: Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui dan Contoh-contohnya



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.