Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui dan Contoh-contohnya

Kompas.com - 27/06/2021, 10:50 WIB
Ilustrasi: Drum minyak, Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Thinkstockphotos.comIlustrasi: Drum minyak, Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah kekayaan yang ada di bumi dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai kelangsungan hidup manusia.

Sesuai dengan namanya, sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui bersifat habis dalam jangka waktu tertentu apabila terus menerus digunakan atau diambil dari alam.

Kekayaan alam ini ini tentu berbeda dengan sumber daya alam yang bisa diperbarui atau terbarukan, di mana alam akan mengisinya kembali atau memperbaharuinya secara alami.

Hal ini menunjukan kalau sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui bersifat yang terbatas. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui lazimnya merujuk pada energi fosil dan tambang lainnya.

Baca juga: Apa Itu Deposit?

Berikut contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui seperti dikutip dari National Geographic:

1. Minyak mentah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Minyak mentah adalah contoh pertama sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yang paling umum ditemui. Minyak mentah berasal dari fosil purba yang terperangkap di perut bumi.

Setelah ditambang, minyak mental diolah menjadi berbagai jenis bahan bakar seperti bensin, solar, hingga minyak tanah. Selain itu, produk sampingan lain dari minyak bumi adalah plastik dan aspal.

2. Nuklir

Nuklir adalah contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui berikutnya. Nuklir sendiri berasal dari bahan radioaktif berupa uranium yang masuk golongan sebagai mineral tambang.

Baca juga: Apa Itu Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.