RI Terima Bantuan Alkes dari Swasta Buat Tangani Pandemi Covid-19

Kompas.com - 31/07/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi ventilator atau alat bantu pernapasan SHUTTERSTOCK/DAN RACEIlustrasi ventilator atau alat bantu pernapasan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menerima bantuan alat kesehatan (alkes) terkait Covid-19 dari beberapa perusahaan swasta.

Penerimaan donasi dilakukan melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

Donasi itu berasal dari LX International, Hongkong CBL Limited, PT Indonesia Weda Bay Industrial Park, PT Dexin Steel Indonesia, dan TVS Motor Company yang penerimaannya dilakukan di Kamadjaja KLOG Park Cibitung, Bekasi pada Jumat (30/7/2021) kemarin.

Penasihat Menko Kemaritiman dan Investasi, Jona Widhagdo Putri yang mewakili Menko Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan apresiasinya atas bantuan dari pihak swasta yang saat ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Impor Alkes Capai Rp 150 Triliun, Bahlil Ajak Investor Asing Masuk Sektor Kesehatan

"Kami dari Kemenko Marves sangat berterima kasih dan mengapresiasi ada banyak teman-teman baik dari dalam dan luar negeri yang secara inisiatif mengirimkan bantuan kepada pemerintah Indonesia untuk penanganan Covid-19 ini,” ujar Jona seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Sabtu (31/7/2021).

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Tranportasi Kemenko Marves Ayodhia Kalake menambahkan, tingkat penularan Covid-19 yang tinggi saat ini menjadi tantangan yang luar biasa bagi Indonesia. Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama semua pihak untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun pendistribusian donasi alkes ini dilakukan bersama Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca juga: Tangani Corona, Perusahaan Sewa Mobil MPM Rent Donasi Alkes Rp 500 Juta

Sementara itu, CFO LX International Kim Hoon mengungkapkan, bahwa Indonesia merupakan wilayah strategis di mana bisnis utama perusahaan asal Korea Selatan ini terkonsentrasi. Perusahaan pun telah mendapat banyak dukungan dari pemerintah daerah serta pelanggan.

“Kami berharap partisipasi kecil kami kali ini dapat membantu pemerintah Indonesia dan masyarakat yang sedang bahu-membahu mengatasi krisis penyebaran kembali Covid-19,” ujar Kim.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.