Bamsoet: Akidi Tio Penyumbang Terbanyak di Dunia Setelah Bill Gates

Kompas.com - 31/07/2021, 16:00 WIB
Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri, bersama Gubernur Sumsel Herman Deru menerima bantuan sebesar Rp 2 triliun dari keluarga pengusaha asal Langsa, Aceh Timur, Almarhum Akidi Tio untuk dana penanganan Covid-19, Senin (26/7/2021). DOK. HUMAS POLDA SUMSELKapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri, bersama Gubernur Sumsel Herman Deru menerima bantuan sebesar Rp 2 triliun dari keluarga pengusaha asal Langsa, Aceh Timur, Almarhum Akidi Tio untuk dana penanganan Covid-19, Senin (26/7/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membeberkan siapa sebenarnya sosok Akidi Tio. Sosok pengusaha tersebut sempat ramai diperbicangkan karena memberikan sumbangan Rp 2 triliun untuk penanganan warga yang terdampak pandemi Covid-19 di Sumatera Selatan.

Dia mengungkapkan hal tersebut melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, @bambang.soesatyo yang dikutip Kompas.com pada Sabtu (31/7/2021).

Menurut pria yang akrab disapa Bamsoet itu, Akidi Tio pernah hidup di Palembang. Sejak dulu Akidi hidup di keluarga Thong Ju, yang merupakan warga keturunan China Palembang yang kaya di era Presiden Soekarno.

Baca juga: Dahlan Iskan: Akidi Tio Banyak Menyumbang, tapi Selalu Atas Nama Hamba Tuhan

Menurut dia, Akidi memiliki paman yang pernah menjabat Menteri Perdagangan di Singapura. Namun, politisi Partai Golkar tersebut tak menyebut siapa nama pamannya.

"Dia (Akidi) juga yang punya kelenteng di 10 Ulu dan beberapa tempat di Palembang," tulis Bamsoet.

Bamsoet menambahkan, semasa hidupnya Akidi pernah berjanji akan memberikan sumbangan untuk warga Sumatera Selatan. Janji itu pun akhirnya ditepati oleh anak-anaknya.

"Akidi Tio pernah bersumpah kepada Thong Ju kalau dia kaya akan memberikan sumbangan rakyat Palembang dan terbukti janjinya melalui wasiat anak cucunya," lanjut dia.

Bisnis Akidi Tio

Ketua MPR RI itu mengungkapkan Akidi memulai usaha kecap hingga akhirnya mampu mendirikan pabrik kecap di Palembang.

Dia juga merupakan pengusaha tambang batu dolomit yang merupakan bahan pembuat pupuk.

Baca juga: Akidi Tio Sumbang Rp 2 Triliun, Susi Pudjiastuti: Ketulusan Berbagi yang Luar Biasa

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.