Lampaui Pewaris Samsung, Pria Ini Jadi Orang Terkaya di Korea Selatan

Kompas.com - 31/07/2021, 17:03 WIB
Brian Kim saat ini adalah orang terkaya di Korea Selatan dengan nilai kekayaan Rp 195,75 triliun. KOMPAS.com/MUTIA FAUZIABrian Kim saat ini adalah orang terkaya di Korea Selatan dengan nilai kekayaan Rp 195,75 triliun.
Penulis Mutia Fauzia
|


SEOUL, KOMPAS.com - Posisi orang terkaya di Korea Selatan kini tak lagi dipegang oleh pewaris Samsung, Jay Y Lee, yang saat ini tercatat memiliki nilai kekayaan sebesar 12,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 178,35 triliun.

Dilansir dari Bloomberg, Sabtu (31/7/2021), kini posisi orang terkaya di Korea Selatan diduduki oleh Brian Kim, pendiri dari platform penyedia layanan pesan singkat Kakao Corp.

Berdasarkan Bloomberg Billionaire Index, nilai kekayaan Kim saat ini mencapai 13,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 195,75 triliun. Jumlah tersebut meningkat 89 persen atau sekitar 6 miliar dollar AS sepanjang tahun 2021 ini.

Kesuksesan Brian Kim hingga akhirnya menduduki orang terkaya di Korea Selatan merupakan contoh keberhasilan pengusaha teknologi memanjat tangga daftar orang terkaya di Negeri Ginseng tersebut.

Pasalnya, selama berpuluh tahun, posisi orang terkaya di Korea Selatan selalu diisi oleh keluarga konglomerat secara turun-temurun.

Baca juga: Kehilangan Rp 195,75 Triliun, Jeff Bezos Masih Orang Terkaya di Dunia

Di sisi lain, kesuksesan Brian Kim juga menunjukkan kekuatan dari penawaran saham perdana atau IPO.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harga saham Kakao terus menanjak seiring dengan rencana beberapa anak perusahaan untuk memasarkan saham di bursa saham setempat.

"Ekspektasi terus terbangun seiring dengan rencana listing dari beberapa anak usaha kunci Kakao," ujar analis Hyundai Motor Securities Co Hyungyong Kim.

"Strategi Kakao untuk melakukan ekspansi usaha secara pesat dengan secara agresif menarik minat investor. IPO adalah cara paling mulus dan tepat untuk itu," jelas dia.

Lini usaha pinjaman online Kakao, KakaoBank Corp, direncanakan untuk melakukan IPO pada bulan Agustus mendatang. Perusahaan tersebut menargetkan dana sebesar 2,3 miliar dollar AS setelah memasang harga saham IPO dari penawaran tertinggi pasar.

Halaman:


Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.