Mengenal Arti Cuan, Istilah Hokkian yang Jadi Bahasa Gaul

Kompas.com - 01/08/2021, 09:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Barangkali, Anda sering mendengar kata cuan. Cuan adalah istilah populer dari Bahasa Hokkian, China bagian Selatan, yang diserap menjadi bahasa pergaulan di Indonesia.

Cuan adalah ungkapan yang sudah cukup mengakar, baik di kehidupan sehari-hari maupun di media sosial. Meski begitu, rupanya tak sedikit yang belum mengetahui arti cuan. Cuan artinya berarti uang atau bisa berarti keuntungan. 

Dikutip dari Tribun, cuan adalah berasal dari Bahasa Tiongkok yakni zhuan/choan/cuan yang memiliki arti untung atau hasil. Tak jelas sejak kapan cuan mulai populer di Tanah Air.

Selain lazim digunakan para pedagang, cuan banyak dipakai sebagai istilah dalam investasi. Arti cuan dalam investasi adalah seorang investor yang baru saja meraup untung dari capital gain penjualan saham.

Semakin besar selisih antara harga jual dan harga beli saham, maka semakin besar pula cuan yang didapatkan.

Baca juga: Apa Itu Portofolio dalam Investasi?

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.