Luhut Ajak Seluruh ASN Beli Produk Lokal UMKM untuk Kebutuhan Sehari-hari

Kompas.com - 07/08/2021, 17:13 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat mengunjungi wilayah Malioboro, Yogyakarta pada Kamis (6/8/2021) Dok. Humas Kemenko Kemaritiman dan InvestasiMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat mengunjungi wilayah Malioboro, Yogyakarta pada Kamis (6/8/2021)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar terus membantu perekonomian para usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan berbelanja.

Ajakan tersebut ia sampaikan dalam perhelatan virtual pembukaan Lokal Keren Jawa Timur dalam kampanye Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang selama ini digencarkan oleh pemerintah.

"Ajak semua ASN beli keperluan sehari-hari produk dalam negeri. BBI akan terus bergerak dari daerah ke daerah," ujar Luhut melalui tayangan Youtube Kementerian BUMN, Sabtu (7/8/2021).

Baca juga: Anak dan Menantu Pernah Kena Covid-19, Luhut Ajak Warga Jalani Isolasi Terpusat

Bahkan, Luhut mengatakan, ada promo menarik selama bulan Agustus yang diberikan kepada konsumen, apabila berbelanja produk-produk UMKM melalui platform e-commerce.

Selain itu, Luhut menyebutkan bahwa hingga Juni 2021, terdapat 6,5 juta unit UMKM telah beralih pemasarannya melalui platform digital.

"Adapun sejak Mei 2020 hingga Juni 2021, telah mencapai 6,5 juta unit UMKM on boarding ke e-commerce sehingga total menjadi 14,5 juta unit," ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak lupa, ia mengajak seluruh pemangku kepentingan, baik dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, serta para pelaku platform digital untuk terus menyerukan pembelian produk-produk UMKM.

Hal ini dalam rangka tercapainya target 30 juta unit UMKM beralih ke pemasaran digital.

Baca juga: Bukalapak IPO, Luhut Harap Perusahaan Teknologi Lain Menyusul

"Selanjutnya, kita harus terus mendorong 15,5 juta unit UMKM lainnya untuk go digital hingga 2023, menjadi 30 juta unit on boarding. Kepada para seluruh campaigne manajer dan kepala daerah, mari kita capai target tersebut dan mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi produk UMKM," kata dia.

Pada 14 Mei 2020, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Melalui konfrensi pers video, Presiden berharap agar Indonesia tak lagi bergantung pada produk impor.

Selain itu, di tengah pandemi Covid-19, para pelaku UMKM mampu menjaga kualitas serta inovasi produk untuk menyelamatkan perekonomian dalam negeri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.