BI dan OJK Dorong Perbankan Gelar Sentra Vaksinasi Covid-19

Kompas.com - 13/08/2021, 16:35 WIB
Ilustrasi pemberian vaksin Covid-19. SHUTTERSTOCKIlustrasi pemberian vaksin Covid-19.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendukung upaya perbankan dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 dengan mengggelar sentra vaksinasi massal.

"OJK bersama dengan Bank Indonesia saat ini tengah mendorong akselerasi penyaluran vaksin Covid-19 di seluruh Indonesia dengan target penyaluran sebesar 10 juta masyarakat pada akhir bulan Desember 2021,” ujar Kepala OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, Dhani Gunawan Idat, dalam keterangannya, Jumat (13/8/2021).

Salah satu gelaran sentra vaksinasi massal yang dikoordinasikan oleh BI dan OJK ialah sentra vaksinasi yang dilaksanakan oleh PT Bank Aladin Syariah Tbk (Bank Aladin), PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart), dan PT Media Dokter Investama (Halodoc) di Kota Tangerang.

Sentra vaksinasi itu akan memberikan vaksin untuk 5.000 orang di area Tangerang, dengan lokasi pelaksanaan vaksinasi di Alfa Tower (Alam Sutera) dan Alfa DC (Balaraja) dan akan dilakukan serentak pada 12-15 Agustus 2021 untuk vaksin dosis pertama.

Baca juga: Hanwha Life Luncurkan Produk Hanwha Premier Health Care

Dhani berharap, program percepatan vaksinasi mampu menciptakan kekebalan komunal atau herd immunity yang nantinya mendukung mobilitas masyarakat sehingga perekonomian dapat kembali bergerak.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Onny Widjanarko menyampaikan, seluruh pihak perlu aktif dalam berkolaborasi untuk membantu usaha pemerintah menangani pandemi Covid-19.

"Aksi kolektif dan kolaborasi pemerintah, industri, dunia usaha dan masyarakat dalam rangka perluasan dan percepatan vaksinasi ini, diyakini turut membangun motivasi dan kepercayaan dunia usaha dan masyarakat untuk mempercepat mewujudkan terbentuknya ketahanan kesehatan dan pemulihan ekonomi nasional," tuturnya.

Onny mengatakan, pihaknya akan terus mendukung dan mendorong program percepatan vaksinasi untuk mempercepat kekebalan tubuh masyarakat agar pemulihan ekonomi nasional dapat segera terwujud.

"OJK dan BI akan terus bersama industri untuk mendorong dan mendukung kegiatan vaksinasi ini dapat diperluas dan semakin terjangkau masyarakat umum di manapun tempatnya," ucapnya.

Baca juga: Menko Airlangga Minta Peningkatan Testing Covid-19 di Kalimantan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.