Kemenko Marves Pantau Ketat Proyek Tol Cijago dan Tol Serpong-Cinere

Kompas.com - 18/08/2021, 20:50 WIB
Konstruksi Tol Cijago Seksi 3 kembali dilanjutkan setelah hampir 10 tahun berhenti. Dok. Kementerian PUPRKonstruksi Tol Cijago Seksi 3 kembali dilanjutkan setelah hampir 10 tahun berhenti.


JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) memantau ketat pembangunan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi 3 dan Tol Serpong-Cinere.

Kedua tol ini termasuk bagian dari Jalan Tol Outer Ring Road (JORR) II yang dibangun untuk meningkatkan konektivitas kawasan Jabodetabek.

Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan, dan Sumber Daya Air (Asdep IDPSDA) Rahman Hidayat terjun langsung meninjau kedua proyek tersebut. Kunjungan pertama dilakukan ke Jalan Tol Cinere-Jagorawi seksi 3 dengan rute Limo-Kukusan.

Baca juga: Daftar Terbaru Jalan Tol yang Masuk Proyek Strategis Nasional 2021

"Tujuan kami ke sini adalah untuk mengetahui progres pembangunan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3 sepanjang 5,44 kilometer, baik progres pembebasan tanah maupun konstruksinya," ungkap Rahman dalam keterangannya, Rabu (18/8/2021).

Hal tersebut mengacu pada peran Tol Cijago seksi 3 yang akan berdampak positif dalam mengurangi kemacetan di ruas tol lain dan memperlancar mobilitas warga Depok, Tangerang Selatan, dan DKI Jakarta.

Diketahui Jalan Tol Cijago seksi 3 juga termasuk dalam Perpres Proyek Strategis Nasional (PSN) nomor 109 Tahun 2020 yang diharapkan mampu menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi bagi wilayah di sekitarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jadi Kado HUT Ke-76 RI, 3 Ruas Tol dan Jalan Lingkar Brebes-Tegal Siap Diresmikan

Selanjutnya, Rahman juga meninjau pembangunan Jalan Tol Cinere-Serpong, tepatnya di titik Palaraya. Tol sepanjang 10,14 kilometer tersebut terbagi menjadi dua seksi, seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 kilometer dan Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 kilometer.

Dari kedua kunjungan tersebut, Rahman menyatakan dukungannya agar proyek dapat selesai tepat waktu.

"Kami akan membantu apabila ada masalah yang perlu ditangani di pusat, apalagi ini berhubungan dengan PSN yang mengharuskan kita bahu-membahu agar penyelesaiannya sesuai target," ungkapnya.

Selanjutnya, untuk monitoring percepatan kedua pembangunan tol ini akan didiskusikan kembali secara daring maupun secara luring dengan peninjauan kembali.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.