Kompas.com - 22/08/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi produksi mobil. CarscoopsIlustrasi produksi mobil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu jenis dari kegiatan ekonomi ialah produksi. Dalam pengertian sederhana, produksi adalah kegiatan menghasilkan barang atau jasa.

Biasanya kegiatan ini dilakukan dalam rangka menambah nilai kegunaan atau manfaat suatu barang dan jasa. Nantinya, barang dan jasa tersebut akan diperjualbelikan untuk dikonsumsi masyarakat.

Lantas, apa yang dimaksud dengan produksi?

Baca juga: Pengertian Faktor Produksi, Jenis, dan Contohnya

Mengutip buku Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X karya Yuli Eko, produksi adalah kegiatan menciptakan atau menambah nilai guna suatu barang dan jasa.

Setiap kegiatan yang dilakukan pasti memiliki tujuan. Hal ini juga berlaku pada produksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tujuan Produksi

  • Menghasilkan Barang atau Jasa

Sangat jelas apa yang dimaksud produksi adalah menghasilkan barang atau jasa dengan menciptakan barang/jasa baru melalui proses produksi oleh produsen.

  • Meningkatkan Nilai Guna Barang atau Jasa

Sebuah perusahaan/industri membuat suatu barang bertujuan untuk meningkatkan nilai guna barang itu sendiri, di mana sebelumnya barang tersebut belum/kurang berguna tetapi sesudah melalui proses pengolahan nilai guna dari barang tersebut menjadi lebih tinggi.

  • Meningkatkan Kemakmuran Masyarakat

Tujuan produksi diharapkan dapat menghasilkan produk yang nantinya dapat mendatangkan keuntungan (profit oriented) yang nantinya kemakmuran masyarakat akan meningkat karena masyarakat akan memperoleh keuntungan dengan membuat suatu barang/jasa.

  • Meningkatkan Keuntungan

Dengan menciptakan barang atau jasa diharapkan dapat meningkatkan keuntungan industri/perusahaan tersebut.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Distribusi?

  • Memperluas Lapangan Usaha

Apabila suatu perusahaan sudah memiliki skala produksi yang besar dan diminati/laku pasar maka dapatlah dipastikan bahwa perusahaan tersebut akan semakin besar sehingga dapat memperluas lapangan usaha.

  • Menjaga Kesinambungan Usaha Perusahaan

Tujuan berikutnya adalah untuk menjaga kesinambungan usaha perusahaan, sehingga perusahaan tersebut dapat terus berjalan baik dalam memproduksi barang dan jasa, serta menjualnya ke pasar untuk mendapatkan keuntungan.

Berdasarkan dari pengertian produksi dan tujuan produksi yang telah diuraikan di atas, intinya setiap manusia akan terus berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya untuk menuju kemakmuran. Salah satu cara untuk meraih kemakmuran adalah dengan cara melakukan kegiatan produksi.

Baca juga: Pengertian, Ciri, dan Contoh Kegiatan Konsumsi

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.