Kompas.com - 21/08/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi distribusi energi milik Pertamina. Dok PertaminaIlustrasi distribusi energi milik Pertamina.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan ekonomi adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satu bentuk kegiatan ekonomi adalah distribusi.

Lantas, apa yang dimaksud dengan distribusi?

Mengutip Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Ketentuan Umum Distribusi Barang, distribusi adalah kegiatan penyaluran barang secara langsung atau tidak langsung kepada konsumen.

Baca juga: Pengertian, Ciri, dan Contoh Kegiatan Konsumsi

Sementara itu, melansir laman sumber.belajar.kemendikbud.go.id, distribusi adalah suatu proses yang menunjukkan penyaluran barang yang di buat dari produsen kepada konsumen.

Adapun orang yang melakukan hal tersebut biasa disebut sebagai distributor.

Distributor adalah pelaku usaha distribusi yang bertindak atas namanya sendiri dan atas penunjukan dari produsen atau supplier atau importir berdasarkan perjanjian untuk melakukan kegiatan pemasaran barang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tujuan Distribusi
Kegiatan ekonomi ini memiliki tiga tujuan. Tiga tujuannya adalah sebagai berikut:

  • Kelangsungan hidup kegiatan produksi terjamin
  • Barang atau jasa hasil produksi dapat bermanfaat bagi konsumen
  • Konsumen dapat mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan mudah.

Baca juga: Pengertian Faktor Produksi, Jenis, dan Contohnya

Saluran Distribusi

  • Langsung

Sistem penyaluran barang/jasa tanpa melalui perantara sehingga penyaluran barang langsung dari produsen kepada konsumen. Contoh pedagang bakso langsung menjual dagangan kepada konsumen.

  • Semi Langsung

Sistem penyaluran dari produsen kepada konsumen melalui pedagang perantara yang merupakan bagian dari produsen. Contoh pabrik tekstil menyalurkan kainnya melalui conventer

  • Tidak Langsung

Sistem distribusi dari produsen kepada konsumen melalui agen, grosir, makelar,komisioner dan pedagang kecil yang bertindak sebagai perantara. Contoh PT. Pertamina menyalurkan gas LPG melalui agen-agen gas LPG.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Ekonomi Makro?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.