Kompas.com - 23/08/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi KOMPAS/AGUS SUSANTO Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek pipa transmisi gas bumi Cirebon-Semarang (Cisem) akan menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Erika Retnowati mengatakan, sedianya pembangunan ruas pipa gas Cisem bakal didanai dengan APBN secara utuh untuk dua tahun yakni di 2022 dan 2023. Namun, dengan kondisi keuangan negara saat ini maka penggunaan APBN baru hampir bisa dipastikan untuk tahun anggaran 2022 terlebih dahulu.

Selain itu, pembangunan ruas jalur pipa juga bakal dilakukan bertahap memprioritaskan urgensi kebutuhan industri pengguna gas.

"Kelihatannya yang 2022 sudah pasti dengan APBN tapi ruasnya dibagi dua. Yang akan didahului Semarang ke Batang karena ini lebih urgen," terang Erika dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VII, Senin (23/8/2021).

Baca juga: Pemerintah Kaji Ulang Status Bakrie & Brothers di Proyek Gas Cirebon-Semarang

Erika melanjutkan, pihaknya sudah mengusulkan besaran investasi dalam rencana anggaran tahun 2022 sebesar Rp 1 triliun untuk pembangunan pipa transmisi gas bumi ruas Semarang-Batang.

Adapun, untuk tahun 2023 saat ini muncul dua opsi yang bisa digunakan yakni dengan APBN maupun skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

BPH Migas telah melakukan kordinasi dengan Kementerian terkait guna mendapatkan kepastian penggunaan anggaran. Hal ini dinilai perlu, pasalnya industri pengguna gas di wilayah Batang telah menanti pasokan gas.

"Kami (sudah) kemukakan dalam kordinasi dengan kementerian dan kami ingin dapatkan kepastian penganggaran di APBN," kata Erika. (Filemon Agung|Khomarul Hidayat)

Baca juga: Pertamina Temukan Cadangan Gas Hidrokarbon di Sulawesi Tengah

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Kepala BPH Migas: Proyek pipa gas Cirebon-Semarang bakal didanai APBN

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.