Kompas.com - 24/08/2021, 14:33 WIB
Ilustrasi Alipay. SHUTTERSTOCK/TY LimIlustrasi Alipay.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tengah mempersiapkan layanan transaksi QR Code lintas negara. Ini sejalan dengan rencana Bank Indonesia (BI) yang akan memperluas transaksi QR Indonesia Standard (QRIS) lintas negara.

Direktur Konsumer BRI Handayani mengatakan, sebagai salah satu bentuk pelaksanaan QR lintas negara, BRI sudah siap menerima pembayaran dari penyedia jasa keuangan asal China, AliPay.

"Kita menunggu kapan wisatawan dari luar untuk bisa datang ke Indonesia. Kita sudah apakseptasi untuk AliPay. Jadi kalau ada wisatawan dari China, atau darimana yang menggunakan AliPay maka itu sudah bisa," tutur Handayani, dalam peluncuran QR Pedagang, Selasa (24/8/2021).

Baca juga: BRI Luncurkan QR Pedagang, Apa Itu?

Dengan adanya perluasan tersebut, BRI menargetkan adanya pertumbuhan transaksi melalui QR code di merchant-merchant perseroan. Pasalnya, transaksi tidak lagi terbatas dari penyedia jasa keuangan dalam negeri saja.

Handayani mengatakan, sampai dengan Juni 2021, perseroan telah memiliki 500.000 merchant yang mengadopsi QRIS. Targetnya, sampai dengan akhir tahun 2021 akan ada 1 juta merchant yang menggunakan fitur pembayaran tersebut.

Sementara itu, jika dilihat berdasarkan jumlahnya, transaksi keuangan BRI yang menggunakan BRI mengalami pertumbuhan sebesar 411 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada semester I-2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ke depannya, kalau sudah 1 juta merchant, (jumlah transaksi) bukan hanya tumbuh 4 kali lipat, tapi bisa 10 kali lipat," ucap Handayani.

Baca juga: Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BCA, BRI, dan BNI

Sebagai informasi, pada akhir 2020, BRI telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BI untuk dapat menerima dan memproses transaksi AliPay wallet di Indonesia sebagai acquirer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.