Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Mencapai Financial Freedom? Ini Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan

Kompas.com - 25/08/2021, 07:34 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dukungan teknologi digital saat ini memudahkan siapapun untuk mencapai kebebasan finansial (financial freedom) sedini mungkin. Anak muda, kini juga sudah bisa dengan mudah melakukan perencanaan keuangan dengan berbagai dukungan dari berbagai platform atau aplikasi.

Head of Investment Communication & Fund Development Allianz Life Indonesia Meta Lakhsmi Permata Dewi mengatakan, melalui perencanaan keuangan yang tepat dengan melakukan adaptasi terhadap kebutuhan dan situasi yang dialami, Anda akan lebih mudah dalam mencapai financial freedom.

“Pertama yang kita butuhkan adalah perencanaan keuangan. Di sini kita harus dapat beradaptasi dengan situasi dan kebutuhan yang cenderung berubah dari waktu ke waktu. Disamping itu, perlu juga perlindungan asuransi, untuk mencapai financial freedom sesuai rencana,” jelas Meta melalui siaran pers, Selasa (24/8/2021).

Baca juga: Promo Produk Fesyen Muslim di Tokopedia, Berlaku hingga 10 September 2021

Meta mengatakan, dengan cara tersebut, Anda bisa memperkuat pondasi untuk mendorong tercapainya perencanaan keuangan di masa depan. Dia mengungkapkan, untuk membuat perencanaan keuangan yang bersifat adaptif, tentu perlu juga untuk melakukan evaluasi minimal satu kali setiap tahun.

“Siklus perencanan keuangan terdiri dari penentuan tujuan perencanaan, mengevaluasi kondisi terkini, termasuk apa saja kebutuhan dan situasi yang dihadapi. Kemudian, membuat perencanaan keuangan, mengimplementasikan perencanaan keuangan dan mengevaluasi perencanaan sesuai dengan jangka waktu tertentu,” ungkap Meta.

Untuk mencapai financial freedom, perlu melalui tahapan piramida, di mana tahapan paling penting dari bawah adalah perlunya memenuhi kebutuhan dasar, perlindungan atau proteksi dan memiliki dana darurat. Selanjutnya, baru dapat naik ke tahap berikutnya untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan, pensiunan dan warisan.

Apabila kedua tahap telah terpenuhi. maka seseorang dapat melakukan investasi. Menurut Meta, urutan untuk mencapai kebebasan finansial sebagai berikut:

Baca juga: Restoran Subway Bakal Buka Gerai di Indonesia, Ini Jadwal dan Lokasinya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com