Kompas.com - 26/08/2021, 09:50 WIB
Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi atau apa yang dimaksud kegiatan ekonomi? KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGApa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi atau apa yang dimaksud kegiatan ekonomi?

KOMPAS.com - Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi? Pertanyaan tersebut cukup sering muncul dalam soal ujian mata pelajaran ekonomi dasar di tingkat sekolah menengah.

Dikutip dari Market Business News, apa yang dimaksud kegiatan ekonomi adalah segala aktivitas memproduksi, menyediakan, membeli, dan menjual barang atau jasa. Setiap tindakan dari aktivitas tersebut disebut dengan kegiatan ekonomi.

Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi juga bisa berarti semua aktivitas yang melibatkan pertukaran yang atau pertukaran produk dan jasa. Misalnya seseorang yang menjalankan bisnis kecil dengan berdagang atau memproduksi barang.

Karyawan yang bekerja di pabrik dan kemudian menerima upah juga disebut sebagai aktivitas ekonomi. Pabrik atau pemberi kerja kerja juga melakukan aktivitas ekonomi karena secara aktif membayar pekerja dan menjual barang yang diproduksi.

Baca juga: Arti Influencer dan Manfaatnya dalam Promosi Bisnis

Seseorang yang membeli barang kemudian mengonsumsinya juga disebut dengan aktivitas ekonomi, seperti membeli makanan, membeli baju, membeli tempat tinggal, dan sebagainya.

Sederhananya, apa yang dimaksud kegiatan ekonomi yakni segala perilaku dan tindakan amnusia yang bertujuan guna memenuhi kebutuhan hidupnya yang dilanskan pada prinsip-prinsip ekonomi.

Prinsip kegiatan ekonomi sendiri mencakup tiga hal yang meliputi:

  • Kegiatan distribusi adalah penyaluran, atau pembagian, atau pengiriman barang kebperluan sehari-hari kepada beberapa orang atau ke beberapa tempat. Tujuan distribusi merupakan untuk memastikan keberlangsungan kegiatan produksi dan memastikan produk diterima oleh konsumen dengan baik.
  • Kegiatan produksi didefinisikan sebagai proses mengeluarkan hasil, penghasilan atau pembuatan suatu barang. Selain itu, produksi juga bisa diartikan sebagai usaha untuk menciptakan atau menambah nilai ekonomi suatu benda dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia.
  • Kegiatan konsumsi yakni pemakaian barang hasil produksi (bahan pakaian, makanan, dan sebagainya) untuk memenuhi kebutuhan.

Baca juga: Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui dan Contoh-contohnya

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.