Mitra Usaha Terus Bertambah, GoTo Financial Dorong Digitalisasi UMKM

Kompas.com - 27/08/2021, 17:09 WIB
jumpa pers GoTo virtual, Rabu (25/8/2021). (Tangkapan layar) KOMPAS.com/ ELSA CATRIANAjumpa pers GoTo virtual, Rabu (25/8/2021). (Tangkapan layar)

JAKARTA, KOMPAS.com - GoTo Financial mempercepat akselerasi digital, sebagaimana fokus layanan dari Gojek dan Tokopedia. Ini dilakukan dengan melalui ekosistem GoTo Financial.

Head of Merchant Platform Business GoTo Financial Novi Tandjung menjelaskan, di dalam ekosistem GoTo Financial terdapat tiga lini bisnis utama, yaitu pembayaran non-tunai, seperti GoPay dan payment gateway Midtrans, jaringan Point of Sales Moka dan Gobiz, serta dukungan administrasi operasional dengan produk Selly dan Gobiz.

Selama pandemi, transaksi mitra usaha di dalam lini bisnis GoTo Financial yang bergabung dengan Midtrans, Selly, Moka, dan GoStore terus menunjukkan tren kenaikan.

Baca juga: Selama Pandemi Covid-19, 7,3 Juta UMKM Masuk ke Ekosistem Digital

Sepanjang 2020, jumlah mitra usaha GoTo Financial meningkat hingga tiga kali lipat jika dibandingkan sebelum pandemi. Ini juga diikuti dengan kenaikan transaksi dalam ekosistem GoTo Financial hingga hampir enam kali lipat.

“Salah satu target bisnis GoTo Financial adalah mendukung sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang jumlahnya di Indonesia, berdasarkan data Badan Pusat Statistik mencapai sekitar 65 juta,” kata Novi, dalam keterangannya, Jumat (29/8/2021).

“GoTo akan menggandeng dan mengembangkan pelaku usaha selain pengusaha kuliner dan penjual marketplace," tambahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut Novi menyebutkan, Grup GoTo sendiri memiliki ekosistem e-commerce, layanan on-demand, dan finansial yang menghubungkan jutaan pelanggan, mitra driver, dan mitra merchant.

Selain itu, sebagai upaya untuk membantu penguatan sektor UMKM, GoTo Financial telah melakukan sejumlah inisiatif, yang terbaru mengenalkan program pengembangan kompetensi UMKM non-kuliner, Komunitas Retail GoTo Financial (KONTAG).

Melalui KONTAG, kami ingin semakin memperluas manfaat kehadiran GoTo Finansial dengan merangkul berbagai lini pelaku usaha yang tidak hanya terbatas pada sektor kuliner,” tambah Novi.

Baca juga: GoTo Financial Luncurkan KONTAG untuk Tingkatkan Kompetensi UMKM

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan mengatakan, saat ini UMKM menghadapi sejumlah tantangan, mulai dari penurunan daya beli masyarakat, hambatan distribusi, hingga hambatan pada produksi akibat adanya pembatasan mobilitas yang diberlakukan pemerintah.

“Kehadiran GoTo Financial memberi peluang bagi pelaku bisnis ritel terutama UMKM untuk berkembang melalui solusi digital yang ditawarkan. Solusi ini diharapkan bisa menjadi satu sistem yang bisa menyelesaikan setidaknya beberapa permasalahan yang tadi disebutkan,” tutur Oke.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.