Miliarder Perancis, Bernard Arnault, Jual Semua Sahamnya di Carrefour

Kompas.com - 03/09/2021, 21:00 WIB
Bernard Arnault pemilik Louis Vuitton
SCMP.comBernard Arnault pemilik Louis Vuitton

JAKARTA, KOMPAS.com - Miliarder barang mewah asal Perancis, Bernard Arnault, yang juga menjadi orang terkaya ketiga di dunia saat ini, menjual sisa sahamnya dari jaringan supermarket Perancis Carrefour pekan ini.

Penjualan saham itu menandai keluarnya Arnault dari Carrefour setelah 14 tahun berinvestasi di perusahaan itu mulai 2007.

Perusahaan induk Arnault, Financière Agache menjual 5,5 persen sahamnya di Carrefour dengan harga 19 dollar AS per saham. Arnault mendapatkan uang tunai sebesar 850 juta dollar AS sebelum pajak dari penjualan tersebut.

Baca juga: Transmart Carrefour Pastikan Tidak Ada Kaitan dengan Perancis

Investasi Arnault di Carrefour bukanlah investasi yang menguntungkan. Sejak Maret 2007 hingga Januari 2017 saham Carrefour tercatat turun hampir 60 persen. Sejak 2017 hingga sekarang saham Carrefour telah turun lebih dari 26 persen.

Pada tahun 2019, Arnault mengundurkan diri dari dewan Carrefour dan menyerahkan kursi itu kepada putranya, Alexandre.

Kemudian pada September 2020, Arnault mulai menjual saham Carrefour miliknya. Waktu itu, Arnault menjual 25 juta saham senilai hampir 410 juta dollar AS, sehingga kepemilikannya turun menjadi 5,5 persen dari sebelumnya 8,6 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penjualan itu dilakukan Arnault delapan bulan setelah Carrefour membatalkan rencana penjualan Carrefour senilai 20 miliar dollar AS ke perusahaan pengecer Kanada Alimentation Couche-Tard, perusahaan yang didirikan sesama miliarder Alain Bouchard, Jacques D'Amours, dan Richard Fortin karena Pemerintah Perancis menentang kesepakatan tersebut.

Penjualan saham di Carrefour tersebut menandai kerugian investasi yang langka bagi Arnault, yang kekayaan bersihnya telah meningkat enam kali lipat sejak 2012 ketika nilanya bertambah 29 miliar dollar AS.

Baca juga: Kekayaan Bos Louis Vuitton Anjlok Rp 87 Triliun dalam Sepekan, Ada Apa?

Sebagian besar pertumbuhan kekayaan dramatis itu terjadi sejak awal pandemi Covid-19 berkat meroketnya saham konglomerat LVMH, di mana Arnault memegang 47 persen sahamnya.

Kenaikan itu juga membuat Arnault menjadi orang terkaya dunia selama enam minggu lamanya pada tahun 2021 dengan kekayaan bersih sebesar 201 miliar dollar AS pada Agustus 2021. Kekayaan itu meningkat hampir 165 persen dari kekayaan sebelumnya 76 miliar dollar AS pada Maret 2020.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Miliarder Prancis, Bernard Arnault menjual seluruh sahamnya di Carrefour

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.