Kompas.com - 06/09/2021, 18:48 WIB
Apa itu budget? Budget adalah penganggaran. Selain itu, budget artinya perencanaan. THINKSTOCKPHOTOSApa itu budget? Budget adalah penganggaran. Selain itu, budget artinya perencanaan.

KOMPAS.com - Penyusunan budget adalah komponen penting dalam menjalankan bisnis. Di Indonesia, budget artinya seringkali disamakan dengan penganggaran. Lalu apa itu budget?

Dikutip dari Investopedia, budget adalah perkiraan input (pemasukan) dan pengeluaran selama periode tertentu dan biasanya disusun untuk dievaluasi secara berkala.

Sederhananya, penyusunan budget adalah mempersiapkan anggaran dana yang nantinya kira-kira akan dikeluarkan selama satu periode.

Dengan budget, maka dana yang sudah dipersiapkan tidak bisa dikeluarkan secara sembarangan sehingga sesuai dengan perencanaan awal.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Margin dalam Bisnis dan Cara Menghitungnya

Budget artinya bisa dibuat oleh siapa saja, baik seseorang, organisasi, bisnis, lembaga pemerintah, atau apapun yang menghasilkan dan menghabiskan dana.

Penyusunan budget terbilang sangat penting, bahkan untuk seorang individu sekalipun. Karena penyusunan budget dilakukan untuk menyiapkan segala sesuatu di masa mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Misalnya, seseorang dengan adanya anggaran, seorang bisa merencakan untuk membeli barang dengan harga mahal tanpa harus berutang. Seorang penyusun apa itu budget tak harus pandai berhitung matematika.

Prinsip dari budget adalah bagaimana menyeimbangkan antara pengeluaran dengan pemasukan. Dalam perusahaan, ketika pengeluaran lebih besar daripada pemasukan, maka disebut sebagai defisit.

Baca juga: Break Event Point (BEP): Definisi, Rumus, dan Cara Menghitungnya

Sebaliknya saat pemasukan masih lebih besar daripada pengeluarannya, maka disebut surplus.

Bagi perusahaan, beberapa tujuan budget adalah sebagai berikut:

  • Membantu perusahaan dalam memberikan batasan besaran dana yang akan dikeluarkan
  • Membantu pengawasan penggunaan dana
  • Menjadi pertimbangan dalam investasi
  • Memaksimalkan sumber daya yang ada
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.