Pengertian Return on Asset (ROA), Rumus ROA dan Cara Menghitungnya

Kompas.com - 06/09/2021, 17:12 WIB
Ilustrasi Perusahaan.  Return on Asset atau ROA adalah indikator untuk menunjukkan seberapa untuk sebuah perusahaan dibandingkan dengan total asetnya. ThinkstockIlustrasi Perusahaan. Return on Asset atau ROA adalah indikator untuk menunjukkan seberapa untuk sebuah perusahaan dibandingkan dengan total asetnya.
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Bila Anda melakukan investasi saham atas sebuah perusahaan, pasti familiar dengan istilah return of asset (ROA). Istilah ini kerap muncul pada laporan keuangan perusahaan-perusahaan yang diterbitkan sebagai sumber informasi bagi investor.

Sebenarnya, apa itu ROA atau return on asset?

Dilansir dari Investopedia, Senin (6/9/2021), ROA adalah indikator untuk menunjukkan seberapa untuk sebuah perusahaan dibandingkan dengan total asetnya.

Rumus ROA akan memberi gambar bagi manajer, investor, atau analis mengenai seberapa efisien manajemen perusahaan dalam menggunakan aset untuk menghasilkan pendapatan.

Baca juga: Komersial Adalah Berkaitan dengan Bisnis dan Niaga, Apa Itu?

Dalam hal ini, melalui ROA, bisa terlihat kemampuan perusahaan berdasarkan penghasilannya di masa lalu. Sehingga, hal tersebut bisa dimanfaatkan diperiode sebelumnya.

Berbeda dengan Return on Equity (ROE), ROA tidak tidak memasukkan komponen utang perusahaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

ROA dihitung dengan membagi pendapatan bersih perusahaan dengan total aset.
Dengan demikian, rumus ROA bisa dipahami sebagai berikut:

Return on Assets = Pendapatan Bersih (Pendapatan setelah pajak)/Total Aset

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa dikatakan baik atau buruknya manajemen perusahaan terlihat dari tinggi atau rendahnya persentase hasil dari perhitungan rumus ROA.

Semakin tinggi persentase yang dihasilkan dari perhitungan ROA, artinya kian efisien pula penggunaan aset dari perusahaan yang bersangkutan.

Baca juga: Pasar Modal Adalah: Pengertian, Sejarah, dan Fungsinya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.