Komersial Adalah Berkaitan dengan Bisnis dan Niaga, Apa Itu?

Kompas.com - 05/09/2021, 20:58 WIB
Komersial adalah istilah yang seringkali mengarah pada tujuan keuntungan. KOMPAS.com/ABBA GABRILLINKomersial adalah istilah yang seringkali mengarah pada tujuan keuntungan.

KOMPAS.com - Komersial adalah istilah yang tentu sudah tak asing lagi. Komersial adalah istilah yang seringkali mengarah pada tujuan keuntungan.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komersial adalah sesuatu hal yang berhubungan dengan niaga atau perdagangan.

Arti lain dari komersial adalah sesuatu yang dimaksudkan untuk diperdagangkan, bernilai niaga tinggi, kadang-kadang mengorbankan nilai-nilai lain (sosial, budaya, dan sebagainya).

Sementara dilansir dari Investopedia, komersial adalah sesuatu yang berkaitan dengan perdagangan dan aktivitas bisnis secara imum.

Baca juga: Apa Itu Freelance: Untung Rugi dan Bedanya dengan Full Time

Di bidang investasi, istilah komersial adalah digunakan untuk merujuk pada perdagangan komersial atau entitas yang bergerak dalam kegiatan bisnis.

Kebalikan dari aktivitas komersial adalah badan amal dan nirlaba, serta lembaga pemerintah biasanya beroperasi secara non-komersial.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara sederhana, komersial adalah segala bentuk aktivitas untuk mendapatkan keuntungan secara ekonomi.

Iklan komersial

Sementara iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk menyampaikan pesan tentang suatu produk atau jasa kepada audiens atau masyarakat.

Pesan utama dari poster komersial dari suatu produk adalah bertujuan untuk menarik masyarakat untuk membeli produk yang diiklankan tersebut.

Selain itu, tujuan iklan komersial adalah bisa juga untuk menonjolkan atau mempertahankan merek yang sudah ada, dengan harapan bisa mempertahankan konsumen saat ini hingga masa mendatang.

Baca juga: Apa Itu UKM dan Bagaimana Klasifikasi?

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.