Kompas.com - 11/09/2021, 13:07 WIB
Ilustrasi panel surya atap di rumah. PIXABAY/PHOTO MIXIlustrasi panel surya atap di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap terus dikenalkan pemerintah maupun pihak swasta kepada masyarakat umum. Hal ini untuk mendorong tren pemasangan panel surya di atap rumah, sebagai salah satu pemanfaatan energi terbarukan yang berasal dari panas matahari.

Pemasangan panel surya bisa dilakukan pada jenis rumah apapun, termasuk tipe rumah 36 yang cukup populer di Indonesia.

Tipe rumah 36 merupakan salah satu jenis rumah yang banyak dibeli masyarakat Indonesia, khsusnya bagi keluarga kecil dengan satu anak, pasangan muda, atau bahkan milenial.

Baca juga: Minat Pasang Panel Surya? Bank Mandiri Siapkan Program Cicilan 0 Persen

Lantaran rumah dengan luas bangunan 36 meter persegi itu, memiliki kisaran harga yang cukup terjangkau dan memiliki luas yang sesuai bagi para pembeli rumah pertama.

Nah, kira-kira berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk pemasangan panel surya di rumah tipe 36?

Salah satu perusahaan pengembang panel surya di atap, ATW Group, mengungkapkan setidaknya pada rumah dengan tipe 36 membutuhkan biaya investasi sekitar Rp 12 juta-Rp 15 juta untuk pemasangan panel surya. Ini merupakan paket pemasangan pemula yang berisikan 2 panel surya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi memang untuk tipe rumah 36, itu kami memiliki paket-paket pemasangan, nah salah satunya starter package bagi pelanggan yang baru memasang panel surya Paket pemula ini berisi dua keping panel surya dengan kisaran harga Rp 12 juta-Rp 15 juta," ungkap Marketing & Corporate Sales Director ATW Solar Indonesia Wilson Tanuwijaya dalam diskusi dengan Kompas.com, dikutip Sabtu (11/9/2021).

Nilai pemasangan panel surya tersebut diakuinya terbilang cukup tinggi, meski pada dasarnya tren harga panel surya sudah menurun 80 persen dalam 10 tahun terakhir. Oleh kareja itu, untuk tetap mendorong masyarakat menggunakan panel surya, ATW pun menawarkan program kredit.

Nantinya pelanggan bisa mendapatkan kredit dengan bunga nol persen dan tenor pembayaran cicilan hingga lima tahun. Pembayaran uang muka atau down payment (DP) nol persen pun sangat memungkinkan, meski disarankan untuk membayar DP setidaknya 20 persen agar nilai cicilan tak terlalu besar.

"ATW menyarankan untuk memberikan uang muka sebasar 20 persen. Uang muka nol persen sangat memungkinkan, tapi cicilan tiap bulan yang harus dibayarkan akan semakin tinggi," katanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.