Perkuat Layanan Digital, Bank Banten Gandeng FDS Gunakan Amazon Web Services

Kompas.com - 17/09/2021, 17:08 WIB
Kantor Bank Banten KOMPAS.com/RASYID RIDHOKantor Bank Banten

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk atau Bank Banten bekerjasama dengan PT Fortress Data Services atau FDS dalam rangka meningkatkan kualitas layanan digital untuk para nasabahnya.

Direktur Utama Bank Banten, menjelaskan bahwa kerjasama Bank Banten dengan FDS adalah bagian dari inisiatif dalam menjalankan transformasi untuk memenuhi kebutuhan nasabah dan calon nasabah yang akan menggunakan jasa dan layanan Bank Banten.

Direktur Utama Bank Banten Agus Syabarrudin menjelaskan, bersama FDS, melalui penggunaan teknologi Amazon Web Services (AWS), pihaknya mempersiapkan pondasi transformasi, baik bagi nasabah hingga operasional perbankan untuk di masa yang akan datang.

Baca juga: Bank Banten Ambil Alih Piutang BJB Rp 557 Miliar

"Dengan mempersiapkan pondasi dalam pelaksanaan transformasi serta implementasi solusi layanan keuangan yang flexible dan scalable berbasis teknologi, kami bertujuan untuk memastikan inklusi keuangan yang lebih besar di daerah Banten dan menjadikan Bank Banten lebih berdaya saing tinggi seperti bank pada umumnya di masa yang akan datang," tuturnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (17/9/2021).

Lebih lanjut Agus menyebutkan, kerja sama dengan FDS selaras dengan misi perusahaan yang ingin memperkuat ekosistem keuangan melalui kolaborasi dengan institusi pendidikan, institusi kesehatan, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan pelaku industri di Banten.

"Di Bank Banten, kami berusaha untuk memenuhi kebutuhan layanan finansial nasabah. Kami melakukan transformasi untuk menyediakan produk dan layanan keuangan serta mengoptimalkan layanan ke nasabah-nasabah," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Utama FDS Sutjahyo Budiman menyadari, transformasi di institusi menuju arah digital menjadi penting bagi Bank Banten untuk mencapai misinya tersebut. Sistem AWS diyakini mampu memperkuat pondasi digital bank dengan kode emiten BEKS itu.

"Sebagai platform yang komprehensif dan diadopsi secara luas di dunia, AWS menyediakan layanan yang memungkinkan perusahaan jasa keuangan untuk mempercepat proses tujuan transformasi," kata dia.

Country Manager AWS Indonesia Gunawan Susanto menjelaskan, sistem yang dikelola pihaknya akan mampu membantu industri keuangan untuk dapat beradaptasi dengan transformasi digital.

"AWS menyediakan layanan kepada institusi keuangan, perbankan, pembayaran, pasar modal dan asuransi, dengan infrastruktur dan layanan yang aman dan tangguh yang dibutuhkan oleh industri ini, untuk membedakan mereka hari ini dan beradaptasi dengan kebutuhan yang akan datang," ucapnya.

Baca juga: Danai Ekspansi Bisnis, Bank Banten Terbitkan 23,39 Miliar Saham Baru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.