Mendag Lutfi Minta Pedagang Pasar Manfaatkan Platform Digital

Kompas.com - 17/09/2021, 17:11 WIB
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat memberikan pengarahan pada Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021, Kamis (4/3/2021). Dok. KemendagMenteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat memberikan pengarahan pada Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021, Kamis (4/3/2021).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meminta seluruh pedagang yang berada di pasar rakyat memanfaatkan platform digital untuk memasarkan barang dagangannya.

Sebab menurut Mendag, pedagang pasar yang sudah memanfaatkan platform digital bisa menaikkan omzetnya.

"Jadi pedagang yang ketika Covid-19 (sudah) on boarding digitalisasi, mereka malah naik omzetnya 40 persen, bukan seperti pedagang lainnya yang rata-rata hilang omzet," ujar Mendag Lutfi dalam konferensi pers Kinerja Perdagangan Agustus 2021 secara virtual, Jumat (17/9/2021).

Baca juga: Mendag: Ekonomi Digital Akan Mengikis Gap antara Orang Kaya dan Miskin

Oleh sebab itu, lanjut Mendag, pihaknya akan gencar mendorong para pedagang pasar masuk ke platform digital supaya para pedagang mempunyai opsi lain untuk memasarkan dagangannya.

"Saya ingin menaikkan standarnya, karena untuk keuntungan dan keberpihakan kita kepada pedagang pasar rakyat kita," ungkap Mendag.

Mendag menyakini, perkembangan ekonomi digital akan mengikis jarak antara orang kaya dan miskin.  Oleh karena itu, Mendag mematok target pedagang untuk masuk ke ekosistem digital.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya percaya itu dan Insha Allah tahun depan saya ingin setidaknnya setiap tahun ada 1 juta pedagang yang on boarding untuk digitalisasi," ungkap Mendag Lutfi.

Sebelumnya, Mendag mengatakan perkembangan ekonomi digital juga sudah jadi perhatian global. Bahkan kata Mendag, salah satu topik yang dibahas di sidang ASEAN yaitu masalah ekonomi digital.

Baca juga: Manfaatkan E-commerce, UMKM Tetap Cuan di Tengah Pandemi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.