Indonesia dan Belgia Bakal Perkuat Kerja Sama Bidang Peternakan

Kompas.com - 21/09/2021, 16:32 WIB
Ilustrasi peternakan ayam modern, kandang ayam yang kecil membuat ayam tidak bebas bergerak Shutterstock/Kartinkin77Ilustrasi peternakan ayam modern, kandang ayam yang kecil membuat ayam tidak bebas bergerak
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia dan Belgia akan memperkuat kerja sama di bidang peternakan, khususnya terkait dengan kualitas dan keamanan kesehatan hewan.

Hal itu menyusul penandatangan Pernyataan Kehendak atau Letter of Intent (LoI) oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Usaha Kecil, Wiraswasta, SME dan Pertanian Belgia David Clarinval di kantor pusat Belgian Blue Group, Kota Ciney, Provinsi Namur, Belgia pada Senin, 20 September 2021.

Kedua menteri tersebut sepakat untuk meningkatkan kerja sama yang sudah ada dengan kolaborasi lanjutan di bidang peternakan.

Kolaborasi tersebut meliputi manajemen pemeliharaan dan standar sanitasi untuk peternakan Belgian Blue di Indonesia.

“Kita harapkan kerja sama ini dapat membantu fasilitasi akses pasar komoditas pertanian, pengembangan kapasitas, kerja sama teknis, dan penelitian bersama antara kedua pihak,” kata Syahrul dalam siaran pers seperti dikutip Kompas.com, Selasa (21/9/2021).

Baca juga: Pemerintah Kantongi Rp 6,1 Triliun dari Hasil Lelang Sukuk Negara

Ia menyebutkan, Indonesia menikmati surplus perdagangan dengan Belgia, terutama dari ekspor kopi, karet, tembakau, minyak kelapa sawit, kelapa, dan kakao.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara Belgia juga turut menikmati peningkatan ekspor ke Indonesia pada produk susu, mentega, dan lainnya seperti kentang dan gandum.

“Kita menyambut tren peningkatan perdagangan di antara kedua negara ini,” ungkap Syahrul.

Lebih lanjut, Syahrul menjelaskan Kementerian Pertanian (Kementan) RI memiliki visi mewujudkan sektor pertanian yang maju, mandiri, dan modern.

Kebijakan pertanian tidak hanya menitikberatkan pada transformasi dan penguatan sistem pangan secara lebih holistik dan terintegrasi, tapi tetap berkomitmen terhadap pertanian berkelanjutan, yang sesuai dengan kelestarian lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Baca juga: PPKM Berlanjut, Kemenhub Tegaskan Syarat Perjalanan Dalam Negeri Tak Berubah

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.