Besok, Jalur Layang Bogor Line di Stasiun Manggarai Mulai Dioperasikan

Kompas.com - 24/09/2021, 21:00 WIB
Suasana jalur layang Stasiun Manggarai. Dok. KemenhubSuasana jalur layang Stasiun Manggarai.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan jalur layang (elevated track) Bogor Line di Stasiun Manggarai telah selesai. Fasilitas tersebut sudah bisa digunakan mulai Sabtu (25/9/2021) besok.

"Sesuai rencana, malam ini akan dilakukan kegiatan switch over 4, yaitu pemindahan jalur KRL Bogor Line yang tadinya di bawah (at grade), akan dipindah ke jalur 10, 11, 12 dan 13 di lantai 2," ujar Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus Gagok dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/9/2021).

Pembangunan Jalur Layang Bogor Line ini merupakan bagian dari Pengembangan Stasiun Manggarai dalam kerangka pembangunan Jalur Dwi Ganda Manggarai-Cikarang.

Baca juga: Syarat Naik KRL Berubah, Cukup Tunjukkan Kartu Vaksinasi Covid-19

Setelah melalui serangkaian pengujian dilanjutkan dengan switch over nanti malam dan besok jalur layang ini akan dioperasikan melayani penumpang. Saat dioperasikan, jalur layang Bogor Line ini dapat diakses dengan escalator dan lift difabel serta tangga manual yang sudah dibangun.

Selain itu, bagi penumpang yang akan menggunakan KRL, bisa mengakses peron melalui Pintu Barat Stasiun, tepatnya ke arah Pasaraya Manggarai. Berbagai upaya penertiban dan penataan akses juga telah dilakukan dengan baik untuk menekan potensi konflik dengan warga sekitar Manggarai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saat ini kami masih melakukan penataan untuk akses dan parkir, namun demikian para pengguna jasa sudah bisa mengakses Pintu Barat Stasiun ini yang bisa lebih mudah akses ke Halte Transjakarta,” kata Rode.

Dengan beroperasinya Jalur Layang Bogor Line ini, penyeberangan penumpang di area Stasiun Manggarai dapat dikurangi. Sebab, sebagai stasiun tersibuk yang melayani ribuan penumpang dalam tiap harinya, potensi insiden kecelakaan di Stasiun Manggarai sangat tinggi.

Selain itu perpindahan penumpang Bogor Line ke Tanah Abang jadi lebih mudah karena berada dalam satu gedung. Khusus untuk Penumpang KA Bandara, dengan adanya pengoperasian jalur layang ini, akan semakin dimudahkan untuk berpindah moda transportasi.

"Kita ingin dengan pembangunan dan pengembangan Stasiun Manggarai dan DDT secara umum dapat makin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa kereta api,” ucap Rode.

Baca juga: Jadwal KRL pada Jam Sibuk Diatur Khusus, Siswa Sekolah Boleh Naik

Penjelasan KAI Commuter

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.