Assessment Adalah Sistem Penilaian Kinerja, Simak Penjelasannya

Kompas.com - Diperbarui 02/10/2021, 17:22 WIB
Apa itu assesment? Assesment adalah proses menilai seseorang atau sesuatu. SHUTTERSTOCKApa itu assesment? Assesment adalah proses menilai seseorang atau sesuatu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi mereka yang berkutat dengan seleksi maupun ujian, assessment adalah istilah yang tentu sudah tak asing lagi. Dalam Bahasa Indonesia, assessment artinya kerap disamakan dengan penilaian. Apa itu assessment?

Dikutip dari laman Key Differences, assessment adalah proses menilai seseorang atau sesuatu. Ada dua pihak dalam assessment yakni penilai dan mereka yang dinilai.

Penilai dalam assessment adalah biasa disebut dengan assesor. Mereka bertugas melakukan penilaian atas kinerja seseorang berdasarkan standar yang sudah ditetapkan.

Assessment ini banyak dipakai dalam berbagai bidang. Di bidang pendidikan, fungsi assessment adalah guna mengukur kemampuan peserta didik.

Baca juga: Apa Itu Surplus?

Sementara di bidang pekerjaan, assessment adalah berfungsi sebagai penilai kinerja dari karyawan yang nantinya bisa dijadikan tolak ukur untuk berbagai hal seperti promosi jabatan dan sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Assessment adalah berbeda dengan evaluasi

Istilah assessment adalah sangat berkaitan dengan istilah evaluasi. Assessment berbeda dengan evaluasi, evaluasi artinya membuat penilaian untuk menentukan sejauh mana tujuan sudah tercapai untuk kemudian dicari kekurangannya hingga solusi permasalahannya.

Berikut beberapa perbedaan antara assessment dan evaluasi:

  1. Assessment adalah proses pengumpulan, peninjauan, dan penggunaan informasi untuk tujuan perbaikan kinerja. Sementara evaluasi didasarkan atas kriteria dan bukti yang sudah ditentukan
  2. Assessment adalah bersifat diagnostik karena cenderung mengidentifikasi area hanya pada perbaikan. Di sisi lain, evaluasi bersifat penilaian menyeluruh, karena bertujuan untuk memberikan nilai keseluruhan.
  3. Assessment adalah memberikan umpan balik tentang kinerja dan cara-cara untuk meningkatkan kinerja di masa depan. Berlawanan dengan ini, evaluasi memastikan apakah standar terpenuhi atau tidak.
  4. Tujuan assessment adalah formatif, yaitu untuk meningkatkan kualitas sedangkan evaluasi adalah semua tentang menilai kualitas, oleh karena itu tujuannya adalah sumatif.
  5. Penilaian berkaitan dengan proses, sedangkan evaluasi berfokus pada produk.
  6. Dalam apa itu assessment, umpan balik didasarkan pada pengamatan dan kesimpulan positif dan negatif. Berbeda dengan evaluasi, di mana umpan balik bergantung pada tingkat kualitas sesuai standar yang ditetapkan.
  7. Kriteria assessment adalah ditetapkan oleh kedua belah pihak secara bersama-sama. Berbeda dengan evaluasi, di mana kriteria ditetapkan oleh evaluator.
  8. Standar pengukuran untuk assessment adalah bersifat mutlak. Sebaliknya, standar pengukuran untuk evaluasi bersifat komparatif, yang membedakan antara lebih baik dan lebih buruk.

Baca juga: Apa Itu Piutang dan Anjak Piutang?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.