Kompas.com - 01/10/2021, 07:02 WIB
Ilustrasi dollar AS KOMPAS/RIZA FATHONIIlustrasi dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Utang pemerintah seringkali jadi isu sensitif di banyak negara, terutama negara-negara berkembang. Namun tak demikian halnya di banyak negara maju.

Sebagian besar pemerintah negara maju menerbitkan surat utang dalam jumlah besar, bahkan jor-joran. Secara global, negara-negara pemilik utang terbesar di dunia juga didominasi oleh para negara maju.

Amerika Serikat (AS) sendiri tercatat sebagai negara dengan utang tertinggi dunia. Negara adi daya ini diketahui memiliki utang sebesar 28,4 triliun dollar AS atau jika dirupiahkan mencapai Rp 404.000 triliun (kurs Rp 14.250).

Beberapa negara maju lain di peringkat teratas dengan jumlah utang terbesar dunia seperti Inggris, Jerman, Perancis, dan Belanda.

Baca juga: Membandingkan Utang Pemerintah era SBY dan Jokowi, Siapa Paling Besar?

Mengapa demikian?

Dikutip dari Investopedia, utang pemerintah adalah utang yang timbul dari sebuah janji pemerintah untuk membayar di kemudian hari. Janji pembayaran pokok utang plus bunganya itu direalisasikan dalam bentuk penerbitan surat utang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Utang pemerintah diperlukan untuk mengerek pertumbuhan ekonomi. Ini mirip dengan perusahaan yang berutang demi membiayai proyek atau bisnis baru untuk mengejar keuntungan lebih banyak.

Pembayaran surat utang ini dijamin sepenuhnya oleh negara, sehingga hampir tak ada risiko gagal bayar, kecuali negara bersangkutan mengalami kebangkrutan.

Keuntungan negara maju

Nah yang terjadi dalam perekonomian global, negara-negara maju diuntungkan dengan banyak faktor yang beberapa di antaranya tidak dimiliki oleh negara berkembang.

Baca juga: Sejak Jadi Presiden, Jokowi Sudah Tambah Utang Baru Rp 4.016 Triliun

Keuntungan atau juga bisa disebut keistimewaan inilah yang membuat beberapa negara maju gemar berutang banyak, jauh lebih besar daripada negara berkembang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.