Group Djarum Melalui Blibli.com Resmi Akuisisi RANC Senilai Rp 2 Triliun

Kompas.com - 01/10/2021, 14:04 WIB
Ilustrasi Blibli. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi Blibli.

JAKARTA, KOMPAS.com – Grup Djarum melalui PT Global Digital Niaga atau Blibli resmi mengakuisisi saham PT Supra Boga Lestari Tbk. (RANC) atau Ranch Market pada Kamis (30/9/2021) senilai Rp 2,03 triliun.

Adapun tujuan pengambilalihan adalah untuk pengembangan usaha dan perluasan ekosistem perseroan sebagai salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia.

Dalam pengumuman di media massa, Jumat (1/10/2021), Direksi Blibli mengatakan, pada 30 September 2021, Global Digital Niaga telah menyelesaikan pengambilalihan 797,8 juta saham RANC atau 51 persen dari jumlah modal yang disetor dan ditempatkan dalam 7 entitas pemegang saham RANC.

Baca juga: BEI Respons Potensi Blibli Lakukan Backdoor Listing di Bursa

Ketujuh entitas tersebut mencakup PT Wijaya Sumber Sejahtera, PT Prima Rasa Inti, PT Gunaprima Karyaperkasa, PT Ekaputri Mandiri, Dr David Kusumodjojo, Suharno Kusumodjojo, dan Harman Siswanto.

“Dengan ini, kami mengumumkan tanggal 30 September 2021, kami PT Global Digital Niaga (GDN) telah menyelesaikan pengambilalihan dalam jumlah keseluruhan sebanyak 797,8 juta saham yang merupakan 51 persen dari jumlah modal yang disetor dan ditempatkan dalam PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC),” tulis pengumuman tersebut.

Pengambilalihan saham tersebut mengakibatkan perubahan pengendalian pada RANC (pengambilalihan). Saham-saham tersebut dibeli pada harga Rp 2.550 per saham, sehingga total nilai transaksi pengambilalihan adalah Rp 2,03 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum pengambilalihan, GDN tidak memiliki saham RANC, dan setelah pengambilalihan, jumlah saham RANC yang dimiliki GDN adalah sejumlah 797,6 juta yang merupakan 51 persen dari jumlah modal yang disetor dan ditempatkan dalam RANC.

Adapun susunan pengurus GDN mengalami perubahan menjadi:

Dewan Komisaris
Komisaris Utama : Martin Basuki Hartono
Komisaris : Honky Harjo

Direksi
Direktur Utama : Kusumo Martanto
Direktur : Hendry
Direktur : Lisa Widodo
Direktur : Andy Untono
Direktur : Eric Alamsjah Winarta

Baca juga: Blibli Dikabarkan bakal Akuisisi Erajaya, Bagaimana Prospek Bisnisnya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.