Produk Olahan Unggas Belfoods Tembus Pasar Internasional, Kementan: Bukti RI Bebas Flu Burung

Kompas.com - 04/10/2021, 15:45 WIB
Jajaran manajemen PT Belfoods Indonesia (kiri-kanan): Bapak Jasata (Head of Marketing), Bapak Budi Darmawan (Head of Sales), Bapak Tommy Wattimena (CEO PT Sreeya Produce Tbk), Bapak Dicky Saelan (Manging Director Foods Division PT Sreeya Produce), Bapak M. Ridwansyah (Head of Manufacturing) & Bapak Adhityo Tunggul (Head of Planning Foods). Jajaran manajemen PT Belfoods Indonesia (kiri-kanan): Bapak Jasata (Head of Marketing), Bapak Budi Darmawan (Head of Sales), Bapak Tommy Wattimena (CEO PT Sreeya Produce Tbk), Bapak Dicky Saelan (Manging Director Foods Division PT Sreeya Produce), Bapak M. Ridwansyah (Head of Manufacturing) & Bapak Adhityo Tunggul (Head of Planning Foods).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Belfoods Indonesia telah menembus pasar Filipina dengan melakukan ekspor produk olahan unggas sebanyak 15 ton melalui 2 kali pengiriman yang telah dilakukan di bulan Juni dan Agustus 2021.

Upaya ini merupakan salah satu strategi untuk memperkuat penjualan segmen makanan olahan.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian Nasrullah mengatakan, upaya ekspor yang dilakukan oleh Belfoods, selain menunjukkan kemampuan Indonesia untuk bersaing di pasar global, juga sebagai antisipasi kelebihan stok produksi ayam broiler yang kerap terjadi beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Indonesia Berhasil Ekspor Produk Olahan Unggas ke Qatar

"Ekspor unggas kita ke dunia tidak terlepas dari kondisi bahwa saat ini kompartementalisasi bebas flu burung Indonesia telah diakui oleh Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE) sesuai dengan standar internasional. Hal ini dapat dibuktikan dengan telah diterbitkannya daftar unit usaha kompartemen bebas flu burung Indonesia di website OIE," kata Nasrullah melalui keterangan tertulis, Senin (4/10/2021).

"Ekspor yang sudah dilakukan agar dapat menjadi inspirasi dan semangat bagi pelaku usaha lain untuk tetap semangat menembus langit dunia," lanjut dia.

Langkah Belfoods untuk melakukan ekspor diawali pada tahun 2018.

Mereka menjadi perusahaan pertama yang melakukan ekspor nugget ayam ke Jepang.

Walaupun ekspor perdana tersebut tidaklah terlalu besar jumlahnya, tetapi hal ini menjadi tonggak sejarah bagi Indonesia yang menandai pencapaian pengembangan pasar di luar negeri. 

Baca juga: Penjualan Makanan Beku Produk IKM Melonjak 50 Persen Saat Pandemi

Diketahui, Jepang juga terkenal ketat atas standar kualitas yang diterapkan.

Managing Director Foods Belfoods Dicky Saelan mengatakan, akan terus fokus mempertahankan kualitas mutu sesuai standar ekspor sehingga pasar ekspor bisa berkembang pesat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.