Kompas.com - 08/10/2021, 17:32 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sudah merilis Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan. Salah satu hal yang diatur yaitu terkait pemotongan upah pekerja. 

Pada Pasal 63 ayat (2) tertulis bahwa pemotongan upah harus dilakukan sesuai dengan perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama.

"Pemotongan upah harus dilakukan berdasarkan kesepakatan tertulis atau perjanjian tertulis," tulis aturan tersebut, seperti dikutip Kompas.com, Jakarta, Jumat (8/10/2021).

Sementara itu, pemotongan upah oleh pengusaha untuk pihak ketiga hanya dapat dilakukan apabila pengusaha mengantongi surat kuasa dari pekerja atau buruh.

Baca juga: Satgas BLBI: Aset Obligor Terus Diblokir secara Masif

"Surat kuasa setiap saat dapat ditarik kembali," tulis Pasal 64 ayat (2).

Namun terkait pemotongan upah untuk iuran terhadap negara, seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, maupun potongan pajak penghasilan (PPh), tak perlu ada surat kuasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab surat kuasa dari pekerja dikecualikan untuk semua kewajiban pembayaran pekerja terhadap negara, atau iuran peserta pada badan yang menyelenggarakan jaminan sosial yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Adapun besaran pemotongan upah yang diperbolehkan maksimal 50 persen dari tiap pembayaran upah yang diterima pekerja atau buruh. Hal ini sesuai dengan Pasal 65 PP Nomor 36 Tahun 2021.

Baca juga: Ini Barang-barang yang Diprediksi Bakal Laris di 10.10 ShopFest

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.