Kompas.com - 16/10/2021, 18:31 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan keterangan pers di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (2/6/2021). ANTARA FOTO/Dhemas ReviyantoMenteri BUMN Erick Thohir menyampaikan keterangan pers di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku senang perusahaan swasta dan BUMN kompak bekerja sama mensejahterakan para petani.

"Saya senang ada swasta, ada BUMN, dan kompak, rukun, supaya petani fokus kepada produksinya," ujar Erick dalam video yang diunggah di akun Instagram resminya, Jakarta, Sabtu (16/10/2021

"Kalau tidak berubah, kita tidak rukun, 10 tahun lagi kita ketinggalan sama Afrika. Persaingannya bukan antara kita anak bangsa, tetapi kita dan negara lain," sambung dia.

Pernyataan erick itu disampaikan saat kujungan ke Desa Muara Putih, Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (16/10/2021).

Baca juga: AFPI Berhentikan Salah Satu Anggotanya karena Bantu Penagihan Pinjol Ilegal

Kunjungan Erick ke Lampung dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia yang dirayakan setiap 16 Oktober sekaligus bersilaturahmi dengan para petani yang ada di desa tersebut.

"Saya senang banget nih kalau banyak petani muda. Kita punya rakyat 270 juta jiwa, kalau tidak ada yang jadi petani mau makan dari mana?," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemerinah kata dia, memiliki Program Makmur yang diluncurkan pada Agustus 2021. Program tersebut kata dia, terus berkembang untuk menjamin kedaulatan alam Indonesia.

Program Makmur ini terdiri dari berbagai aspek, mulai dari pengelolaan budidaya tanaman berkelanjutan, informasi dan pendampingan budidaya pertanian, digital farming dan mekanisme pertanian.

Selanjutnya ada juga akses permodalan dan perlindungan risiko pertanian serta adanya offtaker atau jaminan pasar bagi petani.

Baca juga: Pelindo Resmi Merger, Erick Thohir: Pesan Presiden, Ini Juga Diikuti BUMN Lain

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.