Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terus Menguat, Harga Bitcoin Tembus Rp 877,3 Juta

Kompas.com - 18/10/2021, 11:30 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga aset kripto jenis bitcoin masih melanjutkan tren penguatan. Hal ini seiring dengan adanya kabar pemerintah AS yang akan segera menyetujui exchange traded funds (ETF) di bursa berjangka untuk kripto teratas berdasarkan nilai pasar.

Dilansir dari Coinmarketcap, pada sesi perdagangan Senin (18/10/2021) pukul 10.40 WIB, harga bitcoin bahkan telah menembus level 62.000 dollar AS atau setara Rp 877,3 juta per keping. Kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar ini tercatat telah menguat sekitar 1,48 persen selama 24 jam terakhir.

Sejumlah aset kripto besar lainnya seperti ethereum, cardano, dan tether juga sempat menguat, sebelum akhirnya turun tipis masing-masing sebesar 0,94 persen, 1,82 persen, dan 0,02 persen.

Baca juga: Pemerintah Bakal Suntik Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rp 4,3 Triliun

Dalam kurun waktu dua pekan terakhir, aset kripto memang tengah dibanjiri oleh berbagai sentimen positif. Kali ini, kabar dari Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat yang akan segera menyetujui bursa ETF menjadi pendongkrak harga aset kripto.

Sebelumnya, CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, dengan berbagai sentimen positif sejak awal Oktober kemarin, aset kripto khususnya bitcoin masih memiliki potensi untuk terus menguat. Ia pun memproyeksikan, aset kripto itu mampu mencetak rekor tertinggi baru.

"Apabila dibandingkan dengan data di tahun 2020 harga bitcoin memang terus naik bahkan bedanya sudah sangat jauh berkali lipat apabila dibandingkan dengan saat ini," ujarnya.

Oleh karenanya, Oscar menilai, investor aset kripto perlu mempertimbangkan untuk menambah kepemilikan bitcoin.

"Bitcoin pun juga potensial memiliki momentum naik kembali karena akan adanya upgrade taproot bitcoin di bulan Oktober-November," ucap dia.

Baca juga: Vladimir Putin Bicara Soal Kripto, Harga Bitcoin Terus Menguat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com