BTN Minta Nasabah Segera Tukar Kartu Debit Berbasis Magnetik

Kompas.com - 18/10/2021, 17:16 WIB
Ilustrasi KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) mencatat masih ada sejumlah nasabah yang belum melakukan penukaran kartu debit strip magnetik ke kartu debit cip.

Sekretaris Perusahaan BTN Ari Kurniawan mengatakan, sampai dengan saat ini proses penukaran kartu berbasis magnetik menjadi kartu cip sudah hampir rampung seluruhnya. Namun demikian, masih ada segelintir nasabah yang belum melakukan penukaran tersebut.

"Saat ini proses perpindahan kartu berbasis magnetik menjadi kartu cip sudah hampir 100 persen, bagi nasabah yang masih memiliki kartu non-chip dapat melakukan proses penukaran di seluruh outlet BTN," tutur Ari, kepada Kompas.com, Senin (18/10/2021).

Baca juga: Siap-siap, Tahun Depan Pengajuan Kredit BTN Hanya Butuh Sehari

Ari mengimbau kepada nasabah yang masih memegang kartu debit magnetik untuk segera melakukan penukaran menjadi kartu sebab.

Sebab, hal tersebut selaras dengan ketentuan Bank Indonesia, yang mewajibkan penggunaan kartu chip 100 persen mulai 1 Januari 2022 sesuai Surat Edaran BI No.17/52/DKSP.

Dengan demikian, terhitung 1 Januari tahun depan, kartu debit berbasis magnetik sudah tidak bisa lagi digunakan nasabah untuk bertransaksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami mengimbau untuk kelancaran transaksi perbankan nasabah melalui ATM, bagi nasabah yang belum mengganti kartunya menjadi kartu chip untuk segera menggantinya," tutur Ari.

Lebih lanjut Ari menyebutkan, perseroan akan mengikuti ketentuan bank sentral dalam rangka pemblokiran sepenuhnya kartu debit berbasis magnetik.

Artinya, kartu debit berbasis magnetik BTN akan diblokir sepenuhnya terhitung pada 31 Desember 2021.

Baca juga: Tahun Ini BTN Telah Tutup 26 Kantor

"Sesuai informasi yang sudah disampaikan kepada nasabah, bahwa kartu berbasis non-chip atau kartu berbasis magnetik akan diblokir sehingga tidak bisa digunakan lagi," ucap Ari.

Sebagai informasi, penukaran kartu debit BTN dapat dilakukan di seluruh kantor cabang perseroan, tanpa dipungut biaya sepeser pun atau gratis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.