Kompas.com - 18/10/2021, 16:44 WIB
Ilustrasi Dexlite dan Pertamina Dex PertaminaIlustrasi Dexlite dan Pertamina Dex
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina menjual bahan bakar minyak (BBM) jenis gasoil yang dikhususkan untuk kendaraan diesel, yaitu produk Dexlite dan Pertamina Dex.

Meski sama-sama untuk bahan bakar mesin diesel, Dexlite dan Pertamina Dex punya perbedaan. Perbedaan itu terletak pada nilai Cetane Number (CN).

"Dexlite memiliki CN 51 sementara Pertamina Dex CN 53," ujar Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Patra Niaga Jawa bagian Tengah Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Brasto Galih Nugroho dalam siaran pers, Jakarta, (18/10/2021).

Ia mengatakan, semakin tinggi nilai CN pada bahan bakar diesel, semakin tinggi juga performa yang dihasilkan oleh mesin kendaraan.

Baca juga: Kembangkan Bank Digital, BNI akan Akuisisi Bank Kecil?

Oleh karena itu kata dia, produk Dex Series Pertamina bisa menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna, sehingga mampu membersihkan ruang mesin dari karat dan kerusakan.

“Sehingga mesin lebih awet dan bebas karat akibat pembakaran yang tidak sempurna,” kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Brasto memastikan Dexlite dan Pertamina Dex masuk ke dalam kategori BBM ramah lingkungan, karena kandungan sulfur pada gas buang lebih rendah.

“Oleh karena itu, penggunaan produk Dex Series mampu menjaga lingkungan tetap bersih dari polusi udara,” ucapnya.

Oleh karena itu, Pertamina terus mendorong masyarakat maupun konsumen untuk menggunakan produk BBM berkualitas, termasuk BBM jenis gasoil yang dikhususkan untuk kendaraan diesel, yaitu produk Dexlite maupun Pertamina Dex.

Baca juga: Hari Asuransi Nasional, Lifepal Tawarkan Diskon hingga 25 Persen Selama Sepekan

Pertamina juga mengatakan produk Dex Series telah teruji mampu menghasilkan performa mesin kendaraan yang optimal juga lebih ramah lingkungan.

Brasto menuturkan tingkat konsumsi produk Dex Series kian meningkat dari waktu ke waktu.

“Dalam kurun waktu satu tahun terakhir 2020 hingga 2021, ada peningkatan konsumsi Dex Series yang signifikan hingga 17 persendi Regional Jawa Bagian Tengah yang meliputi Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta,” ujar Brasto.

Menurut Brasto, peningkatan konsumsi Dex Series tersebut terjadi seiring peningkatan kesadaran masyarakat soal penggunaan BBM yang berkualitas.

Baca juga: SKB CPNS 2021: Aturan, Bobot Nilai, dan Kisi-kisi Materi Ujian CAT BKN

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.