Kompas.com - 18/10/2021, 16:03 WIB
Logo BNI. Shutterstock/RafapressLogo BNI.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) dikabarkan akan melakukan akuisisi bank kecil sebagai langkah perseroan masuk ke bank digital.

Pejabat Kementerian BUMN seperti dilansir Antara via Kontan.co.id, Senin (18/10/2021), menyebutkan bahwa manajemen BNI siap membidik bank kategori Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) I atau BUKU II sebelum peraturan OJK terkait penggolongan bank resmi berubah menjadi kelompok bank berdasarkan modal inti (KBMI).

Pejabat yang mengetahui rencana akuisisi tersebut menambahkan, BNI juga akan menggandeng perusahaan fintech.

Baca juga: OCTO Mobile Jadi Senjata CIMB Niaga Bersaing dengan Bank Digital

Hingga saat ini, BNI termasuk yang masih sepi kabar dari dua bank BUMN besar lainnya dalam pengembangan layanan digital.

Bank Mandiri tengah fokus mengembangkan super apps dalam memenuhi kebutuhan nasabah di era digital, alih-alih membangun bank digital.

Sementara itu, BRI akan masuk ke ranah bank digital lewat anak usahanya PT Bank Raya Tbk dan sekaligus juga akan mengembangkan BRImo sebagai super apps.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun Direktur Utama BNI Royke Tumilaar sebelumnya mengatakan, perseroan berencana melakukan ekspansi anorganik dengan mengakuisisi perusahaan yang bergerak di lembaga keuangan berbasis digital.

Alasan BNI melakukan ekspansi anorganik adalah karena mempertimbangkan kondisi permodalan perseroan yang masih baik dan potensi imbal hasil yang baik ke depan yang bisa diperoleh perusahaan dari sana.

Baca juga: Pengawasan Layanan Bank Digital Bakal Terus Diperketat

Lebih lanjut, Royke menjelaskan, rencana ekspansi organik ingin difokuskan pada layanan finansial teknologi karena perkembangan semua layanan keuangan ke depan akan serta digital. Adapun perusahaan financial teknologi yang akan dibidik adalah perusahaan yang memiliki biaya operasional yang murah.

Kontan telah mencoba mengonfirmasi kebenaran kabar rencana akuisisi bank kecil tersebut pada manajemen BNI. Namun, hingga artikel ini diturunkan, belum ada jawabannya.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Bank Negara Indonesia (BBNI) dikabarkan berencana mengakuisisi bank kecil

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.