Kompas.com - 19/10/2021, 12:46 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai eksportir, pasti senang rasanya jika komoditas yang dimiliki dilirik oleh calon importir dari negara mitra.

Namun, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan dana ataupun barang ekspor, Anda perlu menyiapkan beberapa pencegahan.

Mengutip akun resmi @kemendag di Instagram, Selasa (19/10/2021), berikut adalah tips aman bertransaksi dengan calon importir.

Baca juga: Presiden Jokowi Inginkan Indonesia Setop Ekspor CPO

1. Periksa legalitas perusahaan calon importir

Anda perlu melakukan akukan pengecekan calon importir, mulai dari dokumen perusahaan, alamat pos-el, nama, dan nomor rekening. Pastikan semua sesuai dengan pos-el dan nama resmi yang tertera pada profil perusahaan.

2. Bangun interaksi dengan calon importir

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Upayakan untuk melakukan interaksi, baik secara daring ataupun luring. Pelaku usaha juga dapat menggunakan saluran komunikasi seperti telepon kantor atau faksimile, sehingga komunikasi tidak hanya melalui pos-el.

3. Buat kontrak jual-beli

Kontrak jual-beli dibutuhkan untuk mengikat kedua belah pihak dalam memenuhi hak dan kewajibannya. Kontrak jual-beli juga dapat digunakan sebagai dasar dalam penyelesaian masalah.

4. Gunakan sistem pembayaran yang disarankan

Metode pembayaran yang digunakan disarankan menggunakan metode Letter of Credit (L/C). Hal ini untuk menghindari pelaku usaha yang nakal (tidak membayar atau mengirimkan produk).

5. Periksa permintaan pembayaran tambahan

Eksportir harus berhati-hati dengan permintaan pembayaran biaya tambahan. Jika ada biaya yang timbul, termasuk sertifikasi, seharusnya menjadi tanggung jawab importir dan akan diperhitungkan dalam harga jual.

Baca juga: Turun Tipis, Ekspor Indonesia Capai 20,60 Miliar Dollar AS pada September

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.