Kompas.com - 21/10/2021, 07:39 WIB
Ilustrasi PixabayIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perekonomian yang mulai menggeliat, didukung oleh faktor global dan domestik, membuka peluang yang besar bagi para investor untuk mendulang keuntungan. Lalu bagaimana dengan portofolio Anda jelang akhir tahun ?

Krizia Maulana, Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) mengatakan, jelang akhir tahun menjadi momen penting bagi para investor untuk mengatur kembali portofolio investasinya.

“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur kembali portofolio Anda, yakni lakukan evaluasi, atur ulang portofolio investasi, dan pilih investasi yang tepat di akhir tahun,” kata Krizia dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (20/20/2021).

Baca juga: Pengertian Profit Taking dan Cut Loss dalam Investasi Saham

Lebih rincinya, ada 3 strategi investasi yang bisa dilakukan investor jelang akhir tahun, antara lain :

1. Lakukan evaluasi

Kuartal terakhir merupakan waktu bagi para investor untuk kembali melakukan evaluasi portofolio investasi. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Pertama yang perlu dilakukan adalah mengevaluasi perkembangan hasil investasi.

“Langkah berikutnya adalah mencari informasi mengenai outlook pasar finansial, sehingga bisa melakukan penyesuaian komposisi portofolio. Selanjutnya, mengevaluasi apakah komposisi portofolio saat ini masih sesuai dengan jangka waktu dan tujuan investasi yang ingin dicapai,” ujar Krizia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah tiga langkah dalam mengevaluasi tersebut selesai dilakukan, Anda memiliki basis atau dasar untuk melakukan rebalancing portofolio.

Pada proses evaluasi, investor harus memperhatikan apakah dana investasinya telah berkembang sesuai dengan harapan dan tujuan keuangan yang telah ditetapkan sebelumnya.

2. Atur ulang portofolio investasi

Saat ini investor masih memiliki kesempatan untuk melakukan penyesuaian portofolio untuk memenuhi tujuan keuangannya. Seiring berjalannya waktu, perubahan dapat terjadi pada profil risiko, portofolio investasi, tujuan dan jangka waktu investasi.

Oleh karena itu perlu dilakukan rebalancing portofolio secara berkala untuk menjaga agar portofolio kita tidak menyimpang dari profil risiko, serta tujuan dan jangka waktu investasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.