Kompas.com - 21/10/2021, 21:54 WIB
Ilustrasi melamar kerja ShutterstockIlustrasi melamar kerja
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Surat pengantar atau cover letter adalah surat yang dikirimkan bersamaan dengan surat lamaran kerja.

Cover letter diperlukan ketika Anda mengirim surat lamaran kerja dan membutuhkan penjelasan mengenai alasan Anda melamar dan posisi apa yang Anda lamar pada perusahaan yang membuka lowongan kerja.

Lalu sebenarnya apa itu cover letter serta seperti apa contoh cover letter?

Pengertian Cover Letter

Surat pengantar atau cover letter adalah dokumen yang dikirim bersama dengan surat lamaran serta curriculum vitae (CV) untuk menyediakan informasi tambahan mengenai ketrampilan dan pengalaman Anda.

Baca juga: Contoh CV dan Resume, Serta Beda Keduanya yang Perlu Kamu Tahu

Bisa dikatakan, cover letter adalah sarana Anda melakukan promoso diri kepada perusahaan. Isi cover letter contohnya adalah penjelasan kualitas dan kualifikasi Anda sebagai pelamar terhadap posisi yang Anda inginkan.

Bila resume atau CV berisi pengalaman Anda baik pengalaman akademis serta pengalaman kerja, cover letter berisi minat Anda terhadap posisi yang Anda lamar serta apa yang membuat Anda merupakan calon yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Panjang cover letter sebaiknya tidak lebih dari satu halaman, karena seperti namanya, cover letter hanyalah pengantar untuk memperkenalkan diri Anda sebelum perusahaan mengenal Anda lebih jauh lewat CV atau resume.

Contoh Cover Letter

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 2 contoh cover letter yang bisa Anda tiru:

Contoh Cover Letter 1

Subjek email: (nama Anda) untuk posisi (jabatan)

(catatan: buat judul email yang singkat dan lugas, tapi menggarisbawahi inti dari informasi guna menarik perhatian perekrut: sebagai contoh, nama kamu dan jabatan yang kamu lamar).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.