Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pupuk Kaltim Garap Bisnis Suku Cadang Industri dan Pemeliharaan Pabrik

Kompas.com - 24/10/2021, 05:47 WIB
Muhammad Idris

Penulis

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pupuk Kalimantan Timur (Kaltim) menggarap peluang bisnis produksi suku cadang lintas industri dan jasa pemeliharaan pabrik guna memanfaatkan kapasitas yang dimiliki oleh perusahaan saat ini.

"Selain tugas utama memastikan laju operasional pabrik, kemampuan fabrikasi dan pengalaman teknis yang dimiliki unit kerja, Jasa Pelayanan Pabrik (JPP) Pupuk Kaltim juga menyimpan potensi bisnis yang tak luput dikembangkan oleh Perusahaan," kata Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kaltim Hanggara Patrianta dilansir dari Antara, Minggu (24/10/2021).

"Kami mencanangkan JPP sebagai strategic business unit dan mengkomersilkan layanan kepada industri dan perusahaan lain yang membutuhkan,” kata dia lagi.

Dia mengatakan pengembangan JPP sebagai strategic business unit dapat dilaksanakan karena kebutuhan perawatan pabrik internal perusahaan dapat direncanakan dan dikelola.

Baca juga: Pupuk Indonesia Sebut Stok Pupuk Bersubsidi Melimpah

Saat ini Pupuk Kaltim memiliki 5 unit pabrik urea kapasitas 3,4 juta ton per tahun, 5 unit pabrik amoniak kapasitas 2,78 juta ton per tahun dan pabrik NPK kapasitas 350 ribu ton per tahun.

Sebagai produsen pupuk, Pupuk Kaltim memiliki pabrik dengan tingkat kompleksitas operasional tinggi, yang tentunya membutuhkan tenaga ahli dan tim khusus yang berpengalaman, mulai dari mengoperasikan pabrik hingga melakukan pemeliharaan. 

Untuk tujuan tersebut, Pupuk Kaltim memiliki sebuah unit kerja yang dinamai Jasa Pelayanan Pabrik (JPP).

Dia menjelaskan JPP adalah untuk pemeliharaan pabrik-pabrik Pupuk Kaltim. Tugas utamanya adalah memastikan bahwa operasional pabrik dapat terus berjalan lancar, dengan memberikan pemeliharaan berkala bersama para engineer berpengalaman, hingga fabrikasi suku cadang permesinan secara mandiri.

Baca juga: Dirut Pupuk Indonesia Buka-bukaan Soal Permainan Pupuk Subsidi

JPP dapat memberikan layanan komersial seputar perancangan dan pembuatan suku cadang serta peralatan pabrik, serta jasa pemeliharaan dan perawatan pabrik bagi perusahaan dari berbagai industri.

Pengalaman JPP Pupuk Kaltim yang mumpuni sejak 1992 dalam pemeliharaan pabrik-pabrik Pupuk Kaltim membuat perusahaan tidak memerlukan proses pengadaan suku cadang dari pihak dari luar. 

Pengalaman tersebut juga turut membuat JPP Pupuk Kaltim mampu memberikan standar tinggi dalam jasa fabrikasi suku cadang dan pemeliharaan pabrik.

Suku cadang yang dipesan ke JPP dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan pemesan, dengan menggunakan proses CNC yang menghasilkan produk suku cadang yang berkualitas tinggi dengan standar sertifikasi nasional ISO 90001, maupun sertifikasi internasional dari TUV Rheinland.

Baca juga: Bidik Perusahaan Kelas Dunia, Ini Strategi Pupuk Indonesia di 2021

Lebih lanjut, kemampuan produksi pabrik Pupuk Kaltim tidak hanya mampu melayani klien perusahaan dari industri serupa, namun juga lintas industri dari mulai pertambangan, hingga transportasi. 

Beberapa perusahaan besar di Indonesia maupun luar negeri pun telah menggunakan jasa JPP Pupuk Kaltim, beberapa diantaranya seperti INKA, Bukit Asam, Badak LNG, KPI (Kaltim Parna Industri) dan KNI (Kaltim Nitrat Indonesia).

Selain itu, beberapa produk yang paling sering dipesan antara lain ring hammer untuk menggerus batu bara, axle block, center plate untuk suku cadang kereta api dan modifikasi pipe, retubing yang dikerjakan di workshop SBU-JPP Pupuk Kaltim.

Halaman:
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com