Pupuk Kaltim Garap Bisnis Suku Cadang Industri dan Pemeliharaan Pabrik

Kompas.com - 24/10/2021, 05:47 WIB
Pabrik suku cadang Pupuk Kaltim Pupuk KaltimPabrik suku cadang Pupuk Kaltim

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pupuk Kalimantan Timur (Kaltim) menggarap peluang bisnis produksi suku cadang lintas industri dan jasa pemeliharaan pabrik guna memanfaatkan kapasitas yang dimiliki oleh perusahaan saat ini.

"Selain tugas utama memastikan laju operasional pabrik, kemampuan fabrikasi dan pengalaman teknis yang dimiliki unit kerja, Jasa Pelayanan Pabrik (JPP) Pupuk Kaltim juga menyimpan potensi bisnis yang tak luput dikembangkan oleh Perusahaan," kata Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kaltim Hanggara Patrianta dilansir dari Antara, Minggu (24/10/2021).

"Kami mencanangkan JPP sebagai strategic business unit dan mengkomersilkan layanan kepada industri dan perusahaan lain yang membutuhkan,” kata dia lagi.

Dia mengatakan pengembangan JPP sebagai strategic business unit dapat dilaksanakan karena kebutuhan perawatan pabrik internal perusahaan dapat direncanakan dan dikelola.

Baca juga: Pupuk Indonesia Sebut Stok Pupuk Bersubsidi Melimpah

Saat ini Pupuk Kaltim memiliki 5 unit pabrik urea kapasitas 3,4 juta ton per tahun, 5 unit pabrik amoniak kapasitas 2,78 juta ton per tahun dan pabrik NPK kapasitas 350 ribu ton per tahun.

Sebagai produsen pupuk, Pupuk Kaltim memiliki pabrik dengan tingkat kompleksitas operasional tinggi, yang tentunya membutuhkan tenaga ahli dan tim khusus yang berpengalaman, mulai dari mengoperasikan pabrik hingga melakukan pemeliharaan. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk tujuan tersebut, Pupuk Kaltim memiliki sebuah unit kerja yang dinamai Jasa Pelayanan Pabrik (JPP).

Dia menjelaskan JPP adalah untuk pemeliharaan pabrik-pabrik Pupuk Kaltim. Tugas utamanya adalah memastikan bahwa operasional pabrik dapat terus berjalan lancar, dengan memberikan pemeliharaan berkala bersama para engineer berpengalaman, hingga fabrikasi suku cadang permesinan secara mandiri.

Baca juga: Dirut Pupuk Indonesia Buka-bukaan Soal Permainan Pupuk Subsidi

JPP dapat memberikan layanan komersial seputar perancangan dan pembuatan suku cadang serta peralatan pabrik, serta jasa pemeliharaan dan perawatan pabrik bagi perusahaan dari berbagai industri.

Pengalaman JPP Pupuk Kaltim yang mumpuni sejak 1992 dalam pemeliharaan pabrik-pabrik Pupuk Kaltim membuat perusahaan tidak memerlukan proses pengadaan suku cadang dari pihak dari luar. 

Halaman:


Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.