Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2021, 15:11 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat awal menekuni bisnis, kebanyakan para pebisnis cukup senang menjalankannya.

Namun ada kalanya seorang pebisnis merasakan titik jenuh ketika aktivitas bisnis tersebut monoton dan tak ada inovasi.

Memang, bagi pebisnis, untuk menjalankan bisnis harus menggunakan cara jitu dan bersungguh-sungguh untuk menjalaninya. Sebab ini yang menjadi kunci untuk meraih kesuksesan berbisnis.

Nah bagaimana mengatasi kejenuhan tersebut?

Baca juga: Apa Saja Kemampuan Inovatif Seorang Wirausaha?

Mengutip dari Entrepreneur,  Minggu (24/10/2021), berikut adalah 3 cara untuk menghindari kejenuhan ketika berwirausaha:

1. Dokumentasikan proses untuk membuat Prosedur Operasi Standar (SOP)

SOP penting untuk menjalankan operasi bisnis yang lancar. Ini adalah proses saat kamu membuat dokumentasi langkah demi langkah untuk tugas sehingga siapa pun dapat menyelesaikannya.

Seiring pertumbuhan bisnis, kebutuhan kamu akan SOP juga akan meningkat. SOP membantu karyawan baru mengetahui cara menyelesaikan pekerjaan di perusahaan.

2. Delegasikan lebih banyak untuk membebaskan waktumu

Jangan pernah berhenti berkembang dan selalu mencari cara untuk meningkatkan bisnis. Tidak apa-apa untuk melepaskan beberapa tugas yang mungkin menguras energi atau menahan kamu dari tujuan lain yang membutuhkan perhatian.

Perjelas tentang apa yang ingin dicapai dengan mendokumentasikan proses manualmu. Temukan orang yang dapat membantu menyelesaikannya baik dengan mempekerjakan seseorang secara penuh waktu atau menemukan bantuan paruh waktu.

3. Gunakan otomatisasi

Terakhir, manfaatkan teknologi dan aplikasi untuk mengotomatiskan proses dalam bisnis sehingga berjalan lancar tanpa memerlukan banyak usaha dan waktu.

Ada kalanya melakukan sesuatu secara manual akan membuat kamu merasa seperti budak dari bisnismu sendiri. Gunakan teknologi untuk mengotomatiskan semua tugas yang berulang sehingga kamu bisa fokus menciptakan nilai bagi klien masa depan.

Baca juga: Apa Itu Wirausaha dan Kewirausahaan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com