Kompas.com - 09/08/2021, 18:44 WIB
Santri Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur membuat roti. Roti ini bagian dari unit usaha pondok yang bertujuan untuk pengembangan jiwa wirausaha santri sekaligus untuk menambah pemasukan bagi pesantren. wirausaha adalah, kewirausahaan adalah, apa itu wirausaha KOMPAS.com/M.AGUS FAUZUL HAKIMSantri Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur membuat roti. Roti ini bagian dari unit usaha pondok yang bertujuan untuk pengembangan jiwa wirausaha santri sekaligus untuk menambah pemasukan bagi pesantren. wirausaha adalah, kewirausahaan adalah, apa itu wirausaha

KOMPAS.com - Wirausaha adalah istilah yang sudah tak lagi asing di telinga. Wirausaha sendiri kerap dikaitkan dengan menjalankan usaha sendiri. Lalu apa itu wirausaha?

Dikutip dari Investopedia, wirausahawan atau yang orang yang melakukan wirausaha adalah individu yang bisa menciptakan bisnis sendiri, menanggung sebagian besar risiko dan juga menikmati keuntungan dari usaha yang dirintisnya.

Sedangkan kewirausahaan adalah proses mendirikan dan menjalankan bisnis atau usaha tersebut. Wirausahawan umumnya dipandang sebagai inovator.

Inovator sendiri tak berarti harus menemukan sesuatu yang baru. Melainkan bisa diartikan sebagai seseorang yang bisa memecahkan masalah, dalam hal ini masalah terkait bisnis.

Baca juga: Apa Itu Invoice dan Bedanya dengan Nota maupun Kuitansi?

Di banyak negara, wirausaha adalah aspek penting yang memainkan peran vital dalam ekonomi. Ini karena sektor swasta yang digerakan para pengusaha ini menjadi penyumbang ekonomi terbesar.

Di Indonesia sendiri, sektor kewirausahaan adalah banyak digeluti oleh para pelaku usaha kecil alias UMKM. Wirausahawan juga membantu pemerintah mengurangi jumlah pengangguran. Seorang pedagang kaki lima pun bisa disebut sebagai pelaku wirausaha. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Merujuk pada Kementerian Industri, Indonesia membutuhkan sedikitnya 4 juta wirausaha baru untuk turut mendorong penguatan struktur ekonomi. Sebab, saat ini rasio wirausaha di dalam negeri masih sekitar 3,1 persen dari total populasi penduduk.

Meskipun rasio wirausaha di Indonesia sudah melampaui standar internasional, yakni sebesar 2 persen, Indonesa perlu menggenjot lagi untuk mengejar capaian negara tetangga.

Baca juga: Kenapa Nilai Uang di Kuitansi Wajib Ditulis dengan Huruf?

Misalnya, Singapura saat ini sudah mencapai angka 7 persen, sedangkan Malaysia berada di level 5 persen. Apabila dihitung dengan populasi penduduk Indonesia sekitar 260 juta jiwa, jumlah wirausaha nasional mencapai 8,06 juta jiwa.

Beberapa sifat dari wirausaha adalah:

  • Berani mengambil risiko
  • Mempunyai daya kreasi
  • Memiliki semangat dan kemauan keras

Baca juga: Apa Itu Reklame dan Bedanya dengan Iklan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.