INKA: Uji Coba LRT Jabodebek Tunggu Hasil Investigasi KNKT

Kompas.com - 25/10/2021, 19:52 WIB
LRT Jabodebek ditargetkan dapat beroperasi pada 2022. Dok. Humas KemenhubLRT Jabodebek ditargetkan dapat beroperasi pada 2022.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT INKA memastikan, uji coba LRT Jabodebek akan dilanjutkan kembali setelah keluarnya hasil investigasi kecelakaan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Seperti diketahui, terjadi tabrakan rangkaian kereta (trainset) LRT Jabodebek pada Senin (25/10/2021) pukul 13.00 WIB di lintasan Stasiun Harjamukti-Stasiun Ciracas yang berlokasi di kawasan Cibubur, Jakarta Timur.

Baca juga: Dirut INKA: Ada Indikasi Human Error pada Kecelakaan LRT Jabodebek

Direktur Utama INKA Budi Noviantoro menjelaskan, KNKT akan melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab pasti dari tabrakan dua trainset tersebut.

Nantinya, KNKT akan memeriksa train control management system, semacam black box yang ada pada kereta.

"Nanti tergantung KNKT sama Ditjen Perkeretaapian (Kemenhub). Saya berharap ini enggak lama-lama karena rel sebelahnya kan enggak apa-apa," ujar Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (25/10/2021).

Menurut dia, ada dua jalur pada lintasan LRT Jabodebek, di mana satu jalur digunakan untuk uji coba dan satu lagi digunakan untuk tempat parkir atau stabling.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Uji coba pun dilakukan, satu trainset per hari. Rencananya besok akan dilakukan uji coba pada trainset nomor 29 bersama Ditjen Perkeretaapian Kemenhub.

Baca juga: LRT Jabodebek Tabrakan, Masinis Alami Luka Ringan

Namun, malah mengalami kecelakaan pada hari ini.

Budi mengatakan, tabrakan terjadi antara trainset nomor 29 dan trainset nomor 20.

Saat itu, trainset 29 melaju dengan kecepatan di atas standar ketika sedang dilangsir atau dipindahkan ke jalur lain, sehingga menabrak trainset nomor 20 yang dalam kondisi terparkir.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.