Kompas.com - 07/11/2021, 08:00 WIB
Herbert Munthe, eks supervisor di perusahaan jasa pengeboran minyak dan gas yang kini beralih profesi membuka usaha depo air minum isi ulang di Jalan Pialing 2 No 4A, Gunung Bahagia, Balikpapan, Selasa (26/4/2016) TRIBUN KALTIM/CORNEL DIMAS SATRIO KUSBIANANTOHerbert Munthe, eks supervisor di perusahaan jasa pengeboran minyak dan gas yang kini beralih profesi membuka usaha depo air minum isi ulang di Jalan Pialing 2 No 4A, Gunung Bahagia, Balikpapan, Selasa (26/4/2016)

KOMPAS.com - Sering lihat orang antre isi ulang air minum di sebuah depot pinggir jalan? Bisnis yang menarik dan menjanjikan bukan?

Semua orang butuh air minum. Tetapi tidak semuanya memiliki akses air bersih, seperti memasang PAM.

Akhirnya lebih praktis beli jadi. Bisa beli langsung di depot dengan mengisi galon kosong yang dibawa dari rumah, atau membeli di warung dengan menukar galon.

Itu dari segi pembeli. Bagaimana dengan si penjual? Ini adalah bisnis yang memiliki prospek bagus. Tak heran, penjual air minum isi ulang semakin menjamur.

Kalau kamu tertarik membuka bisnis air minum isi ulang, berikut tips suksesnya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Survei tempat

Sebelum memulai bisnis air minum isi ulang, sebaiknya survei tempat di mana kamu ingin mendirikan usaha. Apakah di pinggir jalan besar, atau kawasan perumahan.

Lokasi atau tempat untuk membuka bisnis tersebut akan menentukan harga sewanya. Syukur-syukur, rumah terletak di lokasi strategis. Jadi, tidak perlu sewa tempat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Survei tempat juga memudahkan untuk melihat kompetitor di sekitar. Jika sudah ada beberapa pesaing, sebaiknya cari tempat lain yang belum ada depot isi ulang air minum.

Dengan begitu, kamu akan menjadi pemain utama di wilayah tersebut. Pasarnya pun sangat banyak dan belum tergarap.

2. Cari supplier air bersih

Selanjutnya adalah mencari supplier yang nantinya akan menyediakan air bersih untuk disuling. Kemudian dijual ke masyarakat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.