Harga Komoditas Naik, MIND ID Raih Dividen dari Freeport

Kompas.com - 15/11/2021, 16:54 WIB
Ilustrasi Thinkstock.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan harga komoditas tambang berdampak pada penerimaan dividen bagi holding BUMN tambang, MIND ID yang disetor oleh PT Freeport Indonesia (PTFI).

Sekretaris Perusahaan MIND ID Ratih Amri mengungkapkan, ekspansi tambang bawah tanah Grasberg oleh PTFI dan peningkatan volume produksi berjalan sesuai dengan rencana.

Selain itu, kenaikan harga komoditas di pasar global khususnya emas dan tembaga turut menopang kenaikan kinerja keuangan oleh PTFI dan MIND ID. Hal ini pun diakui berdampak pada penerimaan dividen bagi pemegang saham.

Baca juga: BCA Bakal Bagikan Dividen Interim Rp 25 Per Saham

"Tahun ini PTFI telah membayarkan dividen kepada pemegang sahamnya. Pembayaran ini memang lebih cepat dari jadwal seharusnya," ungkap Ratih kepada Kontan, baru-baru ini.

Dikonfirmasi terpisah, Head Corporate Communication PTFI Riza Pratama membenarkan hal tersebut.

"Benar (pembayaran dividen), maaf kami tidak bisa memberikan angkanya," kata Riza, Minggu (14/11/2021).

Sebelumnya, MIND ID memprediksi dividen yang diperoleh dari PTFI di tahun ini bisa mencapai 200 juta dollar AS. Kemudian MIND ID diproyeksi akan mendapatkan kenaikan dividen menjadi 400 juta dollar AS di tahun 2022 mendatang.

Kenaikan dividen juga akan terjadi pada tahun 2023 di mana MIND ID diproyeksi bisa mendapatkan 1 miliar dollar AS dari Freeport Indonesia. (Filemon Agung)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Harga komoditas melonjak, MIND ID dapat dividen dari Freeport Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.